Hal hal apa saja yang membatalkan puasa selain makan dan minum?

Hal hal apa saja yang membatalkan puasa selain makan dan minum?

Menahan makan dan minum merupakan hal yang wajib untuk dilakukan bagi setiap orang yang melaksanakan ibadah puasa. Selain makan dan minum, ada pula sejumlah hal yang patut untuk ditahan selama berpuasa. Agar puasa kita tidak batal dan sia sia, yuk ketahui apa saja yang dapat membatalkan puasa.

 

Hal Hal yang Dapat Merusak Puasa

Ada berbagai hal yang dapat membuat puasa kita menjadi rusak,mulai dari hal yang membatalkan puasa hingga membuat puasa menjadi makruh atau tidak sah. Nah agar puasa kita tidak sia sia kenali beberapa hal tersebut.

 

Berhubungan Suami Istri

Ketika menjalankan ibadah puasa, kita dilarang untuk melakukan hubungan suami istri dan bahkan hal tersebut haram hukumnya. Bagi siapa yang melakukan hubungan suami istri saat berpuasa, maka mereka wajib untuk membayarnya atau melaksanakan kafarat.

Kafarat secara bahasa ialah tertutup/terselubung, Kafarat menurut istilah berarti suatu tebusan atau denda yang wajib dibayar oleh seseorang karena telah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.

 

Mengeluarkan Air Mani dengan Sengaja 

Kaum laki-laki yang dengan sengaja mengeluarkan air mani saat berpuasa, maka puasanya tersebut dianggap batal. Orang tersebut harus mengganti puasa di hari lain setelah Ramadan, serta harus mandi junub terlebih dahulu untuk berpuasa kembali. 

 

Haid

Haid alias datang bulan otomatis membatalkan ibadah puasa kaum perempuan. Perempuan yang berhalangan puasa karena haid harus mengganti di hari lain karena dianggap utang berpuasa. 

 

Muntah dengan Sengaja 

Apabila dilakukan dengan sengaja, mengeluarkan makanan dari perut melalui mulut akan membatalkan puasa. Namun apabila muntah terjadi tanpa disengaja, hal tersebut tidak membuat puasa menjadi batal.

 

Hal Hal yang Membuat Puasa Makruh

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, kita juga perlu untuk menghindari beberapa hal yang merusak puasa berikut

 

1. Berkumur berlebihan

Berkumur berlebihan dapat membuat puasa kita menjadi rusak, sebab ketika berkumur secara berlebihan dikhawatirkan akan ada air yang masuk ke tenggorokan dan hal tersebut tentu akan membuat puasa jadi batal.

 

2. Memandang istri atau wanita berlama-lama

Salah satu kewajiban dari orang berpuasa adalah menahan nafsu. Memandang wanita atau lawan jenis secara berlama lama menjadi salah satu hal yang perlu untuk dihindari, sebab hal tersebut bisa saja membuat kita memikirkan hal yang aneh aneh sehingga menyebabkan keluarnya air mani secara tidak sengaja.

 

3. Menggunjing (ghibah)

Ghibah juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk dihindari saat berpuasa, sebab jika kita berghibah maka puasa kita bisa makruh atau rusak.

 

4. Tidur berlebihan saat puasa

Tidur memang merupakan salah satu bentuk dari ibadah, namun jika tidur secara berlebihan saat berpuasa dapat membuat puasa menjadi rusak.

 

5. Mencicipi makanan

Meskipun mencicipi makanan tidak akan membuat kita kenyang, namun hal tersebut dapat membuat puasa menjadi rusak. Mengingat lapar dan haus menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan pada saat puasa, maka segala jenis makanan atau hal yang masuk ke dalam mulut baik itu hanya sekedar mencicipi nya saja tidak boleh dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *