5 Cara Aktif Organisasi dan UKM Meskipun Masih Maba

5 Cara Aktif Organisasi dan UKM Meskipun Masih Maba

5 Cara Aktif Organisasi dan UKM Meskipun Masih Maba, Hai para maba, mahasiswa baru, sudah siapkah saudara menyambut dunia perkuliahan.? Salah satu hal yang cukup penting dalam dunia perkuliahan adalah aktif pada organisasi. `aktif pada sebuah organisasi selama kuliah dapat memberikan kita cukup banyak pengetahuan, sehingga tidak heran jika selama kuliah, banyak mahasiswa yang akan berlomba lomba mengikuti berbagai organisasi.

Namun perlu diketahui, meskipun beroganisasi merupakan suatu hal yang penting dalam dunia kuliah, kita tidak boleh melupakan apa yang menjadi tujuan dalam perkuliahan yaitu memperoleh prestasi yang baik dalam belajar.

5 Cara Aktif Organisasi dan UKM Meskipun Masih Maba

Banyak mahasiswa yang terkadang karena terlalu aktif dalam berorganisasi membuat aktivitas akademik menjadi terganggu sehingga membuat perkuliahan menjadi kurang maksimal. sebagai upaya dalam meningkatkan akademik dan non akademik, berikut ini kami akan berbagi beberapa tips terkait cara aktif organisasi dan ukm meskipun masih maba

1. Bikin Agenda Harian

Cara pertama yang dapat saudara lakukan untuk aktif berorganisasi adalah dengan membuat agenda atau daftar kegiatan. Adanya agenda kegiatan akan memudahkan saudara untuk membagi waktu antara organisasi dengan akademi sehingga saudara tetap bisa fokus menjalankan dua profesi dalam satu waktu.

2. Pilih Organisasi Sesuai Passion

Pastikan bahwa saudara memilih organisasi yang sesuai dengan bidang atau passion saudara.  Misalkan sebagai contoh saudara suka dengan seni peran atau akting, maka saudara bisa bergabung dengan organisasi teater di kampus saudara untuk mengekspor kemampuan saudara dalam bidang seni peran.

3. Pilih Organisasi Bermanfaat

Dalam menentukan organisasi yang akan saudara pilih, pastikan bahwa saudara memilih organisasi yang bermanfaat yang nantinya dapat membuat saudara meraih sebuah profesi yang menguntungkan di kemudian harinya.

4. Pintar-Pintar Bagi Waktu

Agar aktivitas dalam organisasi yang saudara lakukan tidak memengaruhi aktivitas dalam belajar pastikan bahwa saudara dapat membagi kegiatan perkuliahan dalam berbagai fase. Fase pertama adalah fokus ke tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, fase kedua adalah organisasi atau UKM, fase ketiga adalah liburan bersama keluarga maupun nongkrong sama teman-teman. 

5. Jangan Ikut-Ikutan

Utamakan minat terlebih dahulu dalam memilih organisasi yang akan saudara jalankan. Jangan hanya karena melihat banyak teman yang lain minat dengan satu organisasi maka saudara akan begitu saja ikut dengan mereka.

Aktif dalam organisasi yang tidak begitu saudara sukai hanya akan membuat saudara suka sesaat saja, sehingga untuk ke depannya, saudara tidak akan memperoleh apapun dari aktivitas saudara saat berorganisasi.

6. Harus Tetap Menjaga Kesehatan

Sesibuk apapun saudara dalam menjalani rutinitas perkuliahan, pastikan bahwa saudara tidak lupa untuk memperhatikan kesehatan saudara. Ingat, kesehatan adalah hal yang paling utama dari yang lainnya, sebab tubuh yang sakit akan menghambat segala aktivitas yang akan saudara lakukan. Jika saudara ingin sukses dalam akademik dan non akademik pastikan bahwa mengutamakan kesehatan terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara aktif organisasi dan ukm meskipun masih maba dan semoga apa yang telah kami jelaskan dapat bermanfaat dan memberikan solusi terbaik untuk saudara yang ingin selalu aktif selama kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *