Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi

Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi

Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi, Kuliah bukan hanya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan saja. Namun, juga sebagai tempat untuk meningkatkan soft skill dengan cara bergabung dan aktif dalam berbagai organisasi yang ada di dalam lingkungan kampus.

Memang tujuan utama dari kualitas adalah untuk menuntut Ilmu namun, berorganisasi dapat menambah pengalaman dan membantu seorang mahasiswa untuk menemukan jati diri mereka, sehingga kedua hal tersebut merupakan suatu hal yang panting dilakukan semasa menjalani kuliah.

Tips Membagi Waktu antara Kuliah dan Organisasi

Namun sayangnya, hal tersebut terkadang membuat banyak orang merasa bahwa mengatur waktu antara organisasi dengan kuliah bukanlah hal yang mudah, namun di sini kami akan membuat hal tersebut menjadi mudah dengan beberapa tips yang akan kami bagikan kepada saudara. Seperti apa tipsnya.? Simak penjelasan berikut.

1. Membuat Skala Prioritas

Hal pertama yang perlu saudara perhatikan dalam hal ini adalah memahami sebuah prioritas. Termasuk untuk perkuliahan dan organisasi mana yang menjadi prioritas saudara. Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk memilih mana hal harus lebih didahulukan. 

Dengan membuat skala prioritas, maka akan lebih efektif mengatur waktu. Sebagai contoh misalnya, saudara menjabat sebagai ketua dalam kepanitiaan, maka saudara harus lebih fokus. Namun, jika saudara menjabat sebagai seorang anggota, tentu saudara bisa membagi dengan hal yang lainnya, sebab sebagai anggota kepanitiaan saudara akan bekerja secara kelompok, yang berbeda dengan ketua yang di mana bergerak secara sendiri dalam mengatur anggota.

2. Konsisten

Sebuah keputusan yang saudara ambil dalam menjalankan perkuliahan bersama dengan menjalankan organisasi tentu harus menjadi kewajiban saudara untuk menjalankan keduanya. Setiap keputusan yang kita ambil tentu memiliki risiko tersendiri.

Memutuskan untuk menjalani kuliah dan organisasi akan berisiko pada waktu yang saudara miliki, yang di mana waktu yang saudara miliki akan terasa lebih sedikit dibandingkan dengan saudara menjalankan satu profesi saja.

Hal ini tentu akan menuntut saudara agar dapat lebih konsisten dengan apa yang telah dibuat. Rasa lelah, bosan dan malas tentu akan menjadi tantangan yang akan saudara rasakan selama menjalani kedua profesi tersebut.

3. Cermat Memilih Organisasi

Mengikuti organisasi saat sedang kuliah tentu menjadi hal yang diperbolehkan untuk semua mahasiswa. Namun sebagai mahasiswa yang ingin mengikuti organisasi harus cermat dalam memilih organisasi yang akan dijalankan.

Pilihlah organisasi yang memang bisa saudara jalankan sebagai seorang mahasiswa. Jangan tergiur dengan jabatan yang ditawarkan saat proses seleksi, apalagi yang hanya sekadar ikut ikutan dengan teman terdekat saudara.

4. Jangan Tunda Pekerjaan

Jika selama ini saudara kerapkali menunda pekerjaan, maka mulailah saat ini untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, kesuksesan seseorang dalam menjalankan dua profesi adalah terletak pada manajemen waktu yang baik.

Menunda pekerjaan hanya akan membuat saudara merasa waktu yang saudara miliki sangat sedikit, yang padahal jika saudara bisa fokus dan konsisten terhadap pekerjaan yang ada di depan saudara, akan membuat pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih mudah.

5. Disiplin Pada Waktu

Kunci utama dalam menjalankan profesi dua sekaligus adalah terletak pada penggunaan waktu, maka dari itu, pastikan bahwa saudara selalu disiplin terhadap waktu. Gunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin.

Sebagai mahasiswa yang aktif pada organisasi, maka saudara tidak bisa bersantai-santai. Menyeimbangkan kuliah dan organisasi merupakan hal yang tidak mudah. Tetapi, dengan disiplin terhadap waktu, maka saudara bisa menjalankan keduanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *