Bagaimana Menjadi Siswa Aktif, Kreatif dan Berprestasi

Bagaimana Menjadi Siswa Aktif, Kreatif dan Berprestasi

Bagaimana Menjadi Siswa Aktif, Kreatif dan Berprestasi, Pendidikan yang semakin maju menuntut siswa untuk belajar dengan lebih giat lagi. Proses pembelajaran di sekolah terkadang terasa kurang untuk memperoleh ilmu yang berlimpah. Para pelajar dituntut untuk mampu menjadi seorang pelajar yang dapat membanggakan. Kesungguhan dalam belajar tentu dapat mewujudkan semua ini.

Dalam proses belajar, siswa diharapkan untuk dapat menjadi siswa yang aktif dan kreatif. Dengan kata lain, agar pelajar dapat memahami pelajaran dengan baik, maka siswa dianjurkan untuk menggunakan caranya sendiri.

Cara Menjadi Siswa Aktif, Kreatif dan Berprestasi

Siswa aktif dan kreatif ini adalah bekal yang akan membawa pelajar menjadi orang yang cukup membanggakan. Namun tidak semua pelajar mampu memahami dan mengetahui bagaimana cara menjadi siswa yang aktif dan kreatif tersebut. Berikut beberapa cara agar seorang siswa dapat menjadi aktif dan kreatif.

1. Menggunakan kemampuan untuk berusaha, bertanya dan berpikir

Sebelumnya, seorang pelajar harus dilandasi dengan niat yang sungguh sungguh untuk belajar. Dengan adanya niat yang ikhlas, pastinya akan memunculkan pelajar  yang dengan sendirinya berkeinginan untuk berusaha secara maksimal, tidak malu-malu untuk bertanya dan berpikir dengan kritis. Hal ini tentunya akan membantu pelajar menjadi sosok yang mampu fokus dengan apa yang sedang mereka pelajari.

2. Melakukan riset maupun analisis sederhana

Setelah mampu berusaha untuk belajar, para pelajar diharapkan untuk mampu melakukan sebuah riset sederhana. Riset sederhana akan membantu pelajar untuk memperluas pengetahuan mereka dalam ilmu. Riset dan analisis ini dilakukan dengan cara berpikir kritis. Apabila terdapat sebuah permasalahan, para siswa dianjurkan untuk mampu menguraikan masalah dengan mencari solusi dan jalan keluar  untuk penyelesaian dengan tepat dan baik.

3. Mempelajari dan mengembangkan ide-ide serta konsep-konsep yang baru dan menantang

Ketika para pelajar mampu mendapatkan ide ide konsep yang cemerlang maka diharapkan untuk mampu mengembangkan ide dan konsep yang dimiliki, agar nantinya ide tersebut dapat menjadi ide yang bermanfaat untuk semua orang.

Mengembangkan ide yang didapatkan ini bisa berkolaborasi dengan rekan sebaya atau guru yang berkompeten di sekolah. Sebuah ide biasa bisa menjadi ide yang luar biasa apabila mampu dikembangkan.

4. Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah

Menjadi seorang siswa yang aktif dan kreatif, diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapinya. Pelajar yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah adalah pelajar yang sangat hebat dan kreatif.

5. Belajar disiplin dengan mengatur waktu yang baik

Manajemen waktu adalah suatu hal yang diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik bagi seorang pelajar.  Waktu merupakan sesuatu yang mutlak tidak dapat dibeli, tidak dapat mundur dan tidak dapat dimajukan. Oleh sebab itu, pelajar diharapkan mampu memanajemen waktu yang dimilikinya.

6. Melakukan kegiatan pembelajaran dengan konsisten

Belajar, belajar dan belajar adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh seorang siswa yang ingin menjadi siswa yang aktif, kreatif dan juga berprestasi. Belajar pastinya tidak boleh dilakukan setengah setengah, melainkan harus dilakukan secara rutin dan menyelesaikan setiap pelajaran yang telah dimulainya.

7. Mampu menerapkan pembelajaran melalui tindakan

Segala ilmu dan pelajaran yang telah diperoleh, diharapkan kepada semua pelajar untuk mampu menerapkannya ke dalam sebuah tindakan. Pelajaran tidak seharusnya selalu dikemas ke dalam sebuah materi, melainkan harus dapat diubah sebagai sebuah tindakan yang nyata.

Tujuh poin diatas jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka pelajar dapat menjadi siswa yang aktif , kreatif dan berprestasi. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *