Cara Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Cara Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Revolusi 4.0 tentu akan merubah semua bidang bisnis yang tidak terkecuali pada bidang industri. Revolusi telah memberikan cukup perubahan yang signifikan seperti komputer yang canggih, robot pintar hingga kendaraan dengan sistem otomatis atau tanpa supir, dan bahkan sistem industri kini sudah didukung dengan fitur layanan 24 jam.

Hampir semua industri kini sudah terhubung ke internet yang tentu akan mempermudah bagi seluruh pelaku usaha dan berbagai aktivitas manusia lainnya. Perubahan dalam berbagai aspek ini tentu perlu penyesuaian yang matang agar dapat berjalan dengan lancar dan sebagai mana mestinya yang diinginkan. Sebagai pelaku usaha atau bisnis dituntut untuk benar benar mempersiapkan diri agar dapat menghadapi revolusi 4.0 dengan tepat.

 

Cara Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi dan melakukan penyesuaian diri terhadap revolusi 4.0 sebenarnya ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan sebagai pelaku usaha yang salah satunya seperti.

 

1. Peningkatan Barang dan Material

Strategi pertama yang dapat dilakukan dalam menghadapi revolusi 4.0 adalah dengan cara meningkatkan barang dan material. Teknologi internet seakan akan menghapus penghalang antar daerah, wilayah dan bahkan antar negara sekalipun. Maka dari itu, dalam menghadapi revolusi 4.0 kita harus benar benar mampu melakukan perbaikan pada kualitas dan kuantitas barang serta material. Selain dari itu dibutuhkan juga sektor teknologi yang modern untuk mendukung kecepatan dalam produksi.

 

2. Tingkatkan Kualitas SDM

Untuk menghadapi revolusi 4.0, mau tidak mau harus meningkatkan SDM agar dapat memenuhi standar global. Di era digital seperti saat ini, robot mulai menggantikan peran dan pekerjaan manusia. Namun saudara tidak perlu khawatir, sebab robot tidak akan bekerja pada semua sektor.

Robot belum dapat menggantikan pekerjaan yang berhubungan dengan interaksi dan pengetahuan. Selain itu, robot juga membutuhkan teknisi yang mampu mengatur sistem dan pengaturannya, maka dari itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mampu mengaplikasikan dan mengontrol semua teknologi secara maksimal.

 

3. Penggunaan Internet of Things

Seiring perkembangan zaman, teknologi internet juga mengalami peningkatan dan bahkan hampir setiap industri menggunakan teknologi internet dalam aktivitas sehari harinya, maka dari itu setiap perusahaan mau tidak mau harus mampu beradaptasi akan kondisi tersebut. jika perusahaan tidak mau beradaptasi maka potensi mengalami kegagalan dalam meningkatkan perusahaan akan terjadi.

 

4. Membuat Aturan dan Kebijakan Baru

Setiap perusahaan pastinya memiliki aturan dan kebijakannya masing masing yang hanya saja memiliki proses yang berbeda beda. Penggunaan internet tentu akan menyebabkan perubahan pada alur pekerjaan. perusahaan harus mampu membuat aturan dan kebijakan yang sesuai dengan pengaplikasian teknologi internet.

 

5. Memperluas Networking

Salah satu strategi yang perlu dilakukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 adalah dengan cara memperluas networking yang ada. Memiliki networking yang luas sangat diperlukan untuk membuka peluang-peluang baru. Selain memperluas networking, perusahaan juga harus meningkatkan kualitas dan layanan yang akan diberikan kepada konsumen.

Jika konsumen puas dengan pelayanan dan produk Anda, bukan tidak mungkin, konsumen akan ikut mempromosikan perusahaan Anda kepada orang lain.

Nah itulah beberapa strategi yang harus dipersiapkan oleh setiap perusahaan dalam menghadapi dan beradaptasi dengan revolusi 4.0. apabila saudara ingin membangun perusahaan yang manufaktir, maka ada baiknya jika saudara mencari kawasan industri yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan pastinya juga harus berada dekat dengan jalur transportasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *