Berbuka puasa sebaiknya makan apa?

Berbuka puasa sebaiknya makan apa?

Waktu berbuka menjadi suatu momen yang ditunggu tunggu selama bulan ramadhan. Maka tidak heran jika banyak orang yang kerap kali menyantap berbagai hidangan yang ada di meja makan, yang padahal selama berpuasa, memperhatikan asupan nutrisi merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Berbuka puasa sebaiknya makan apa?

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa, sudah sepatutnya kita mengetahui apa saja jenis jenis makanan yang dianjurkan dan apa saja jenis makanan yang sebaiknya untuk dihindari. Nah agar anda tidak salah mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu kesehatan anda, berikut beberapa makanan yang dianjurkan dan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. 

 

Makanan yang dianjurkan

Berikut beberapa jenis makanan yang  sebaiknya disantap ketika berbuka

 

1. Kurma

Mengkonsumsi Kurma dan air putih saat berbuka merupakan anjuran langsung dari Nabi Muhammad SAW. Kurma merupakan buah yang memiliki gula alami, sehingga ketika berbuka dengan kurma akan dapat mengembalikan tenaga. Buah asal kawasan Timur Tengah itu juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh, yakni kalium dan serat. 

 

2. Sup 

Makanan berkuah seperti sup atau soto dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menu berbuka puasa. Selain memiliki kandungan cairan, sup juga mengenyangkan dan memberikan nutrisi yang cukup. 

 

3. Alpukat dan telur rebus

Berikutnya dalam alpukat dan telur rebus, keduanya merupakan makanan yang mudah dicerna oleh lambung dan usus. Sehingga mengkonsumsi alpukat dan telur rebus merupakan pilihan yang baik sebagai menu berbuka puasa. 

 

4. Smoothies

Smoothies adalah minuman yang memiliki kandungan serat rendah, sehingga mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, ketika meminum smoothies untuk membatalkan puasa akan terasa sangat menyegarkan.

 

Makan yang Sebaiknya Dihindari

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan yang dianjurkan ketika berbuka, maka kini waktunya anda mengetahui apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

 

1. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas saat kondisi perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan rasa mulas serta sakit perut. Cabai merupakan salah satu unsur penting dalam olehan makanan pedas. Di dalam cabai terkandung senyawa capsaicin yang bisa mengiritasi dinding lambung ketika perut dalam keadaan kosong. Selain itu, capsaicin juga dapat membuat usus besar tidak dapat menyerap air secara maksimal. 

 

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda jika diminum saat perut kosong akan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Kandungan asam berkarbonasi pada minuman tersebut ketika bercampur dengan asam lambung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual dan perut kembung. Minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular ketika dikonsumsi secara rutin dalam waktu jangka panjang. 

 

3. Buah asam

Sebaiknya menghindari memakan buah-buahan yang bersifat asam ketika berbuka puasa tiba. Walaupun buah merupakan makanan yang sehat dimakan, akan tetapi buah asam tidak tepat jika dikonsumsi sewaktu berbuka. Jika dikonsumsi ketika keadaan perut kosong makan akan meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan di daerah lambung dan dada. Selain itu juga dapat menyebabkan diare, karena buah-buahan asam dapat memicu gas di dalam perut dan menyebabkan tekanan di dalam sistem pencernaan. 

 

4. Kopi 

Minum kopi saat perut dalam keadaan kosong dapat menimbulkan peningkatan asam lambung. Selain itu, kopi juga dapat memicu dehidrasi karena memiliki efek diuretik. Ketika kopi dikonsumsi langsung sewaktu berbuka maka akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan dan dapat menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *