Cara Mencegah Banjir yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Mencegah Banjir yang Bisa Kamu Lakukan

Banjir merupakan salah satu masalah yang masih cukup sering terjadi di Indonesia. Berbagai cara telah dilakukan dalam mengatasi terjadinya banjir, namun hal tersebut belum mampu memberikan hasil yang maksimal

Meskipun banjir bukanlah suatu perkara yang mudah, namun kita tetap harus mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan dalam mencegah dan mengurangi dampak dari bencana banjir, agar kerugian yang timbul tidak begitu memberatkan bagi para korban yang terdampak.

Hal tersebut perlu dilakukan, sebab melihat kondisi banjir yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia di setiap tahunnya yang kian memburuk. Banyak orang yang harus mengungsi yang diakibatkan karena rumah mereka terendam oleh banjir dan bahkan beberapa kejadian telah menimbulkan korban jiwa.

Intensitas curah hujan yang tinggi biasanya menjadi salah satu alasan banjir terjadi di beberapa daerah Indonesia. Apalagi, air tersebut tidak bisa diserap secara baik karena daerah resapan yang semakin sedikit. Kondisi ini bisa memperburuk daerah yang berada di dataran rendah.

 

Cara Mencegah Banjir yang Bisa Dilakukan

Cara mengatasi banjir dapat dimulai dari diri sendiri. Setiap usaha yang kita lakukan yang meskipun terbilang usaha kecil, namun dapat berdampak positif pada lingkungan. Jika rutin dilakukan dan didukung oleh banyaknya masyarakat yang sadar, maka bukan hal yang tidak mungkin banjir dapat diatasi. Lantas usaha apa saja yang dapat dilakukan dalam hal tersebut.? simak penjelasan berikut.

 

Mencegah Banjir dengan Membersihkan Selokan

Salah satu penyebab dari terjadinya banjir adalah dikarenakan aliran air yang tidak dapat berjalan dengan lancar sehingga air yang seharusnya dapat dialirkan menuju ke tempat seharusnya, menjadi meluap sehingga menggenangi beberapa tempat. Maka dari itu, membersihkan selokan bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menghindari dan mengurangi kemungkinan terjadinya banjir.

Periksalah secara berkala selokan yang berada disekitar tempat tinggal saudara. Pastikan bahwa selokan benar benar dapat berfungsi dengan baik.

 

Membersihkan Halaman Rumah dan Sekitarnya dapat Mencegah Banjir

Membersihkan halaman rumah juga bisa menjadi salah satu upaya yang dapat saudara lakukan dalam mengatasi banjir. Hindari penumpukan puing puing ranting, daun, dan berbagai macam sampah lainnya. Sebab jika hujan turun, bisa saja sampah sampah yang menumpuk tersebut akan terseret air dan terbawa hingga ke dalam selokan yang pastinya akan menjadi penghambat dari aliran air.

 

Mencegah Banjir dengan Membuang Sampah pada Tempatnya

Di beberapa daerah besar dan padat penduduk di Indonesia menjadi langganan banjir yang disebabkan karena aliran sungai yang dipenuhi oleh sampah, sehingga aliran air tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya. Maka dari itu, hindarilah untuk membuang sampah sembarangan dan terutama pada aliran aliran sungai.

 

Mempunyai Taman di Rumah dapat Cegah Banjir

Seperti yang kita lihat, beberapa daerah yang rawan banjir adalah daerah yang memiliki lahan hijau yang sedikit. Pohon memiliki akar yang berfungsi untuk menyerap air. Apabila tidak ada pohon maka air hujan tidak dapat terserap oleh tanah sehingga menyebabkan terjadinya banjir. Menanam tumbuhan tidak hanya mencegah banjir, tetapi bisa juga untuk memperindah halaman rumah. Saudara juga bisa mengajak orang yang tinggal di sekitar untuk menanam pohon bersama.

 

Cegah Banjir dengan Membuat Roof Garden

Zaman sekarang banyak orang yang memiliki rumah dengan tanah yang sempit karena keterbatasan lahan. Hal ini menyebabkan banyak orang, khususnya di perkotaan, tidak memiliki taman di halaman rumahnya. Membangun taman di atap rumah bisa menjadi salah satu alternatif. Saudara bisa mencegah banjir tanpa menghabiskan banyak space di rumah. Selain sebagai tempat menyerap air hujan, roof garden juga bisa berfungsi untuk menciptakan udara yang lebih segar dan menghilangkan stres.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *