Contoh Peran Remaja Dalam Masyarakat

Contoh Peran Remaja Dalam Masyarakat

Kaum milenial kini dunianya sudah terlalu sibuk dengan gadget dengan teknologi sehingga harus lebih kritis dan juga kreatif dalam perbuatan dan tindakan yang positif. Contoh bagaimana seorang remaja berperan dalam aktivitas gotong royong di lingkungannya. Sikap dan cara remaja menghadapi era globalisasi menurut pakar psikolog masih dapat dilakukan dilakukan. 

Contoh Peran Remaja Dalam Masyarakat

Selain bergabung dalam aktivitas gotong royong, sebenarnya masih ada banyak contoh peran remaja dalam lingkungan masyarakat. Berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh seorang remaja dalam mengisi waktu mereka selain bermain gadget.

 

1. Ikut Dalam Anggota Karang Taruna

Salah satu contoh peran remaja yang dapat dilakukan dalam berperan di lingkungan adalah dengan ikut berpartisipasi sebagai anggota karang taruna. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika bergabung menjadi anggota karang taruna yang salah satunya adalah  mudah menjalin hubungan antar sesama remaja.

Karang taruna merupakan lembaga dan ajang remaja untuk saling bertukar pikiran, bergaul dan juga dapat menghilangkan rasa canggung antar sesama remaja. Organisasi yang telah lama ini memang khusus dibentuk untuk remaja yang aktif dan kreatif.

 

2. Ikut Dalam Kegiatan Agama

Tentu dalam setiap lingkungan remaja  pasti ada beragam agama dan keyakinan diantaranya.sebagai seorang remaja yang aktif dan mandiri sebaiknya tidak berdiam diri melainkan juga ikut berpartisipasi menjadi relawan remaja agama.

 

3. Ikut Serta Dalam Gotong Royong

Remaja yang handal dan kreatif adalah remaja yang mampu memiliki peran yang aktif dalam lingkungan. Contoh peran remaja yang aktif adalah ikut dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan seperti bergotong royong, membersihkan lingkungan atau jalan sekitar, melakukan pergerakan penghijauan dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut tidak hanya akan berdampak baik terhadap lingkungan, melainkan juga akan membantu kita dalam menjaga kesehatan masing masing.

 

4. Berpartisipasi Menjadi Panitia Hari Raya Kemerdekaan

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, sepantasnya sebagai remaja kita memiliki peran aktif dalam kegiatan ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjadi panitia lomba, anggota upacara bendera, atau sebagai panitia dekorasi panggung kesenian.

Contoh tersebut menjadi cermin bahwa remaja memiliki jiwa nasionalis yang tinggi terhadap bangsa dan juga masyarakat sekitar. Berikut cara menghadapi anak remaja yang malas dan kurang semangat.

 

5. Peduli Lingkungan Dengan Menjadi Penggiat Kebersihan

Salah satu contoh peran remaja yang baik dalam lingkungan adalah menjadi pengingat kebersihan akan lingkungan. Dalam lingkungan kehidupan tidak jarang banyak orang yang kerap kali lupa akan menjaga kebersihan yang pada akhirnya berbagai masalah timbul di lingkungan, mulai dari penularan penyakit, rusaknya ekosistem, dan lain sebagainya.

Adanya peran  remaja yang menjadi pengingat tentu akan memudahkan warga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar tempat tinggal.

 

6. Membantu Memberikan Ide dan Aspirasi Kepada Masyarakat

Tidak hanya orang tua saja yang boleh memberikan ide serta aspirasinya, remaja juga dapat memiliki peran tersebut. mengingat masa remaja adalah masa dimana berbagai ide baru tertuang dalam pikirannya, maka bukanlah suatu hal yang mustahil jika seorang remaja mampu memberikan perubahan terhadap lingkungannya.

Itulah beberapa contoh peran seorang remaja dalam lingkungan. Jadilah remaja yang aktif agar dapat membawa perubahan terhadap lingkungan sekitar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *