Penyebab Terjadinya Banjir yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya

Penyebab Terjadinya Banjir yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya

Banjir merupakan salah satu bencana yang cukup sering terjadi di Indonesia. Beberapa kali bencana ini telah merenggut banyak jiwa dan bahkan menyebabkan cukup banyak kerugian yang terdampak. Curah hujan yang tinggi dan penebangan hutan secara liar menjadi faktor penyebab utama terjadinya banjir.

Meskipun mencegah terjadinya banjir bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, namun masih ada sejumlah upaya sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak dan resiko dari bencana banjir. Berikut beberapa penyebab dari terjadinya banjir dan cara mencegahnya.

 

Penyebab Terjadinya Banjir yang Perlu Diwaspadai

Curah Hujan Tinggi

Tidak dapat dipungkiri bahwa curah hujan yang tinggi menjadi faktor penyebab dari terjadinya banjir. Tingginya curah hujan yang terjadi berdampak pada volume air di daratan meningkat. Apabila air tidak dapat diserap dengan sempurna oleh tanah dan disalurkan ke sungai, maka kondisi tersebut dapat memicu terjadinya banjir.

 

Membuang Sampah Sembarangan

Penyebab lain dari terjadinya banjir adalah membuang sampah sembarangan. Hal ini dapat dilihat di beberapa kota besar dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Dimana pada daerah tersebut sungai dan saluran air tidak dapat berfungsi dengan baik lantaran tersumbat oleh sampah. Sehingga ketika terjadinya hujan maka air yang seharusnya dialiri menuju ke sungai menjadi meluap dan menggenangi pemukiman.

 

Daerah Dataran Rendah

Daerah yang berada di dataran yang rendah juga dapat menjadi pemicu terjadinya banjir. Ketika hujan terjadi pada daerah yang berada di dataran atas, tentu secara otomatis air akan mengalir menuju ke dataran yang lebih rendah. Hal inilah yang harus diwaspadai, karena derasnya air tersebut bisa memporak porandakan tembok-tembok rumah.

 

Bendungan Rusak

Bendungan yang rusak atau jebol juga bisa menjadi pemicu dari terjadinya banjir bandang.Bendungan bisa rusak atau jebol ketika hujan lebat datang dan permukaan air naik. Bendungan yang sudah tua meningkatkan risiko mengalami kerusakan dan menjadi penyebab terjadinya banjir.

 

Penebangan Hutan

Seperti yang kita ketahui, pohon atau tumbuhan memiliki peran yang penting dalam proses penyerapan air ke dalam tanah. kadi apabila penebangan hutan terjadi, tentu resapan air akan menjadi terhambat sehingga memicu terjadinya banjir.

 

Cara Mencegah Banjir

Mencegah terjadinya banjir memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun meskipun demikian, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya banjir.

 

Memperbaiki Saluran Air atau Selokan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko banjir adalah dengan memperbaiki dan menata kembali sistem  saluran air. Perbaiki dan tata kembali sistem saluran di rumah masing masing, agar ketika hujan turun, air dapat dialirkan dengan baik.

 

Membuat Sumur Resapan

Selain rutin membersihkan saluran air atau selokan, upaya lain yang dapat dilakukan dalam mengurangi resiko terjadinya banjir adalah dengan membuat sumur resapan. Adanya sumur resapan dianggap mampu mengurangi potensi terjadinya banjir sebab air akan mudah untuk diserap ke dalam tanah.

 

Menanam Pohon

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab dari terjadinya banjir adalah terjadinya pemotongan liar. Maka dengan menanam pohon atau gerakan penghijauan tentu akan membantu mengurangi resiko dari terjadinya banjir.

Selain dapat mengurangi resiko terjadinya banjir, menanam pohon dan memperluas daerah hijau juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya longsong, sebab akar akar pada pohon mampu menahan tanah.

nah itulah beberapa penyebab terjadinya banjir dan beberapa cara untuk mencegahnya. Semoga tips yang telah kami berikan dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *