Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam

Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam

Saat ini bumi kita sedang berada dalam kondisi yang kurang baik. Tingkat kelestarian alam mulai menurun. Banyak ekosistem yang mulai rusak dan beberapa satwa pun mulai punah. Kerusakan kelestarian alam tentu akan berdampak pada kehidupan manusia. Salah satu contoh dampak dari kerusakan kelestarian alam adalah bencana banjir dan longsor yang disebabkan oleh daerah penghijau sudah mulai sempit dan aktivitas penebangan masih saja dilakukan banyak orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam

Menjaga lingkungan sekitar adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap individu, sebab apabila kelestarian alam tidak dijaga dan kerusakan Menjaga lingkungan sekitar adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap individu, sebab apabila kelestarian alam tidak dijaga dan kerusakan trus dilakukan tentu akan berkemungkinan memberikan dampak yang lebih parah dari yang pernah terjadi saat ini. Dalam menjaga kelestarian lingkungan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dan salah satunya sebagai berikut.

 

1. Tidak Membuang Sampah di Sungai

Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah di perairan sungai. Membuang sampah pada aliran sungai dan apabila aliran sungai terhambat maka resiko terjadinya banjir akan lebih besar. Selain dari itu, pencemaran air sungai oleh sampah juga dapat beresiko merusak ekosistem laut mulai dari kerusakan terumbu karang, punahnya ikan ikan dan lain sebagainya.

 

2. Tidak membakar sampah

Membakar sampah dapat melepaskan gas-gas yang menyebabkan kerusakan ozon. Mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi, melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi, menyerap sinar ultraviolet, menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil, melindungi permukaan Bumi dari benda- benda langit yang jatuh.

 

3. Menghemat Energi

Menghemat energi juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam. Sebab untuk menghasilkan produk baru dibutuhkan dari bahan baku produk daur ulang yang dapat menghemat energi yang digunakan pada proses produksi. Hal ini tentu berbeda dengan produk baru yang dibuat pertama kali dari bahan-bahan mentah yang masih baru, di mana jumlah energi yang dikonsumsi tentu jauh lebih tinggi.

 

4. Menggunakan Produk Daur Ulang

Memanfaatkan segala produk daur ulang merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan, sebab dengan memanfaatkan barang tersebut, maka proses produksi barang baru akan menurun sehingga penggunaan bahan baku dalam proses pembuatan produk baru akan berukuran.

 

5. Menanam Pohon

Kegiatan ini dilakukan dengan memiliki manfaat agar mencegah terjadinya abrasi yang menyebabkan rumah masyarakat menjadi longsor dan hanyut ke sungai. Abrasi adalah proses pengikisan pantai yang dikarenakan tenaga gelombang laut dan arus laut yang memiliki sifat merusak. Biasanya, abrasi sering disebut juga dengan nama erosi pantai

 

6. Melarang Perburuan Liar

Perburuan liar merupakan suatu kegiatan pengambilan hewan dan tanaman liar secara ilegal yang bertentangan dengan peraturan konservasi serta manajemen kehidupan liar. Perburuan liar ini merupakan suatu tindak pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuhan.

Itulah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. Sekecil apapun usaha yang saudara lakukan, percayalah bahwa hal tersebut telah membawa perubahan yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *