Enam Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Enam Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Melatih dan meningkatkan keimanan serta mengejar keampunan kepada Allah SWT merupakan salah satu alasan utama untuk menjalankan ibadah puasa. Memang benar, puasa merupakan suatu kegiatan yang akan membawa kebaikan dalam kehidupan beragama.

Namun tahukah saudara, bahwa berpuasa tidak hanya memberikan manfaat secara keagamaan saja namun berpuasa juga dapat memberikan kita banyak manfaat dari segi kesehatan. lantas apa saja manfaat bagi kesehatan jika kita berpuasa.? Nah berikut beberapa manfaat dari menjalankan puasa bagi kesehatan tubuh.

 

Enam Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat menjalankan ibadah puasa bagi kesehatan sebenarnya ada cukup banyak sekali, namun berikut kita hanya akan membahas enam manfaat saja. Apa saja itu.? Berikut beberapa diantaranya.

 

Memperbaiki Gula Darah

Manfaat puasa bagi kesehatan pertama adalah memperbaiki gula darah. Bagi mereka yang mengidap diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

 

Mengurangi Kolesterol Tubuh

Manfaat puasa kedua yang kita rasakan adalah pada kolestrol di dalam tubuh. Pasalnya, puasa mampu mengurangi kolestrol jahat atau low-density lipoproteins. Dengan begitu, saudara tidak perlu khawatir apabila kolesterol menghambat arteri dan mengakibatkan komplikasi, seperti serangan jantung.

 

Mengurangi Lemak Tubuh

Terkadang, pakar kesehatan akan mendorong kita untuk mengurangi lemak di dalam tubuh sebagai upaya untuk mengurangi resiko penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, serta penyakit jantung. Jika saudara sedang mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu meredakan asupan kalori saudara dan mendorong tubuh untuk membakar lemak berlebih.

 

Menjadi Metode Detoks

Menjalankan ibadah puasa juga bisa menjadi Metode Detoks. manfaat dari menjalankan puasa adalah untuk mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi berguna dalam membuang toksin atau zat-zat buruk yang tidak bermanfaat bagi tubuh kita.

 

Membantu Menghentikan Merokok

Menjalankan ibadah puasa akan sangat membantu bagi para perokok untuk mengurangi kebiasaan merokok setiap harinya. saudara bisa memanfaatkan berpuasa untuk mengurangi dan bahkan menghentikan kebiasaan merokok. Selain untuk meningkatkan pengalaman berpuasa, saudara dapat terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

 

Mengurangi Peradangan

Ketika sistem imun telah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar terjadi. Namun selain terasa kurang nyaman, peradangan yang terus berkelanjutan justru akan beresiko pada berbagai macam penyakit lainnya, seperti misalnya diabetes atau penyakit jantung. 

Nah itulah beberapa manfaat dari menunaikan ibadah puasa bagi kesehatan. Berpuasa tidak hanya akan meningkatkan keimanan tubuh kita namun juga akan menjaga kesehatan pada tubuh kita. Demikianlah pembahasan artikel kali ini dan semoga saja dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuat hidup kita menjadi lebih baik. Sampai jumpa pada artikel artikel selanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *