6 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum

6 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah Umat Muslim. Dalam Islam, puasa terbagi menjadi 2 yaitu puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib merupakan puasa yang harus dilaksanakan sebagai umat Muslim yang telah memenuhi syarat puasa. Ada berbagai macam puasa wajib seperti puasa nazar, puasa ramadhan dan lain sebagainya.

Sementara puasa sunnah sendiri merupakan puasa yang boleh dilakukan dan boleh juga tidak. Apabila tidak dilakukan maka tidak akan berdosa, dan apabila tidak dilakukan maka akan mendapatkan ganjaran sebagaimana keutamaan dari puasa tersebut. ada berbagai macam puasa sunnah seperti Puasa Syawal, Puasa Arafah, Puasa Tarwiyah, Puasa Senin dan Kamis dan lain lain.

 

Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Selain Makan dan Minum

Pada dasarnya, ibadah puasa sediri dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus yang dimulai dari terbitnya hingga terbenamnya matahari. Apabila kita makan atau minum sebelum waktu puasa berakhir, maka akan secara otomatis puasa akan batal. Namun selain makan dan minum, adapula beberapa hal lain yang apabila dilakukan dapat membuat puasa menjadi batal, salah satunya adalah.

 

1. Merokok

Kandungan zat yang ada di dalam rokok dapat masuk ke perut sama seperi makanan dan minuman. Oleh karena itu, merokok dapat membatalkan semua puasa tak hanya saat bulan Ramadan.

 

2. Berhubungan Badan 

Saat menjalani puasa, suami dan istri diharuskan menahan hawa nafsu untuk tidak berhubungan badan. Hubungan badan suami dan istri yang dilakukan malam hari setelah buka hingga sebelum imsak, tak membatalkan dan merusak ibadah puasa. 

 

3. Mengeluarkan Air Mani dengan Sengaja 

Kaum laki-laki yang dengan sengaja mengeluarkan air mani saat berpuasa, maka puasanya tersebut dianggap batal. Orang tersebut harus mengganti puasa di hari lain setelah Ramadan, serta harus mandi junub terlebih dahulu untuk berpuasa kembali. 

 

4. Haid

Haid alias datang bulan otomatis membatalkan ibadah puasa kaum perempuan. Perempuan yang berhalangan puasa karena haid harus mengganti di hari lain karena dianggap utang berpuasa. 

 

5. Muntah dengan Sengaja 

Apabila dilakukan dengan sengaja, mengeluarkan makanan dari perut melalui mulut akan membatalkan puasa. Namun apabila muntah terjadi tanpa disengaja, hal tersebut tidak membuat puasa menjadi batal.

 

6. Suntik

Saat disuntik, umumnya tubuh akan dimasukkan obat serta cairan. Hal ini yang membuat suntikan dapat membatalkan puasa.

 

Hal Hal yang Membuat Puasa Makruh

Selain beberapa hal yang dapat membuat puasa jadi batal, penting juga bagi anda untuk mengetahui beberapa hal yang dapat membuat puasa menjadi makruh atau tidak sah. Salah satunya sebagai berikut.

  1. Berkumur berlebihan
  2. Memandang istri atau wanita berlama-lama
  3. Melakukan bekam saat puasa
  4. Menggunjing (ghibah)
  5. Tidur berlebihan saat puasa
  6. Mandi dengan menyelam
  7. Mengumpulkan ludah dan menelannya
  8. Mencicipi makanan
  9. Sikat gigi atau siwak saat puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *