5 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Puasa

5 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Puasa

Puasa menjadi salah satu bentuk ibadah umat Muslim. Puasa dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus serta berbagai macam hal lainnya yang dapat membatalkan puasa selama seharian penuh. Tidak heran jika menjelang puasa, banyak orang yang terkadang tidak dapat menahan dirinya untuk menyantap berbagai macam jenis makanan yang ada di hadapannya.

Mengingat saat bulan puasa pola makan berubah, maka sudah sewajarnya kita untuk dapat mengontrol dan mengatur berbagai macam jenis makanan yang akan disantap saat berbuka maupun sahur. 

 

Beberapa Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Puasa

Agar puasa menjadi lancar dan tidak ada hambatan bagi kita untuk melaksanakannya, yuk mari sama sama kita mengenal jenis makanan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat bulan puasa, agar kesehatan tetap terjaga dan puasa pun menjadi lancar.

 

1. Gorengan

Gorengan merupakan menu buka puasa yang banyak digemari. Meskipun rasanya enak, namun makanan yang digoreng ternyata kurang baik dikonsumsi saat puasa.

Pasalnya makanan yang digoreng mengandung lemak yang cenderung sulit diproses dalam sistem pencernaan. Hal ini yang bisa memicu terjadinya gangguan pada pencernaan.   

 

2. Makanan pedas

Makanan pedas juga termasuk hal yang harus dihindari saat puasa. Pasalnya, konsumsi makanan pedas saat buka bisa menyebabkan sakit perut dan memicu heartburn di ulu hati. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi makanan pedas saat buka puasa, pastikan isi perut terlebih dahulu dengan makanan lain seperti buah kurma.

 

3. Makanan manis

Makanan yang dihindari saat puasa lainnya yaitu makanan tinggi gula. Pasalnya, makanan tinggi gula bisa membuat kita merasa cepat haus dan nafsu makan juga menjadi meningkat. Hal tersebut bisa membuat berat badan bertambah. Bahkan, konsumsi makanan manis saat puasa juga bisa meningkatkan risiko diabetes. 

Pastikan juga anda menghindari minuman yang mengandung kafein, sebab jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat mengganggu pola tidur kita dan juga dapat membuat kita menjadi rentan merasa lemas.

 

4. Makanan berat 

Langsung mengkonsumsi makanan berat saat perut kosong ternyata bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gejala yang ditimbulkan seperti kembung, begah, dan sakit. Selain itu, makan berlebih saat buka puasa juga dapat menyebabkan mual hingga muntah.

Cobalah untuk mengkonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum akan makan dan tunggulah 30 menit setelah minum barulah dilanjutkan untuk makan. Sementara menunggu jeda untuk makan, kita sebaiknya menunaikan sholat maghrib terlebih dahulu.

 

5. Makanan dalam kemasan

Makanan kemasan juga termasuk makanan yang harus dihindari saat puasa. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menyebutkan bahwa, bahan kimia berbahaya dalam makanan kemasan bisa larut dalam makanan dan masuk ke tubuh.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang atut untuk dihindari selama berpuasa agar puasa menjadi lancar. Selain menjaga jenis makanan yang hendak dikonsumsi, kita juga perlu untuk mengatur pola tidur agar kesehatan kita tetap terjaga. Ingat, ketika bulan puasa kita akan bangun lebih awal, maka dari itu cobalah untuk tidur lebih awal agar kualitas tidur kita tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *