Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin yang Efektif?

Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin yang Efektif?

Untuk membentuk sebuah tim yang baik tentu dibutuhkan seorang pemimpin yang yang efektif. Adanya sosok pemimpin yang baik akan membuat tim akan menjadi lebih mudah mencapai apa yang menjadi tujuan dalam pembentukan tim.

 

 Cara Menjadi Pemimpin yang Efektif

Menjadi seorang pemimpin tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya, seorang pemimpin harus mampu memberikan pengarahan dan tuntutan kepada setiap para anggotanya, agar nantinya tim dapat mencapai tujuan. Selain dari itu, seorang pemimpin juga harus mampu menjaga setiap tindakan dan perilaku selama berada di hadapan para anggotanya, sebab salah satu langkah saja, maka pemimpin beresiko kehilangan rasa hormat dari tim. Lalu bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik ini? Berikut ini adalah ulasannya.

 

1. Attitude yang tenang dan positif

Seorang pemimpin akan lebih dihargai apabila mereka memiliki attitude yang lebih tenang dan lebih positif. Hal ini dikarenakan attitude positif akan membantu tum lebih tenang dalam menghadapi setiap masalah dalam tim tersebut. Jika saudara tidak mampu memberikan rasa tenang dan membuat tim t terhadap saudara, maka artinya saudara telah gagal dalam menjadi seorang pemimpin.

 

2. Membuka komunikasi

Hal lain yang dapat saudara lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah dengan membuka komunikasi dengan tim. Jika dibandingkan, seorang pemimpin yang kerap berkomunikasi dengan tim jauh lebih baik dibandingkan dengan seorang tim yang mengatur jaraknya dengan para tim.

Pemimpin yang mampu menjalin komunikasi yang baik dengan tim akan membuat mereka lebih mudah dalam mengatur berbagai hal yang akan menjadi tujuan perencanaan dari pembentukan tim. Dengan komunikasi, kita dapat lebih mudah mewujudkan visi dan misi yang menjadi dasar pembentukan tim.

 

3. Mengajari bukan memerintah

“Be a leader not a boss” merupakan ungkapan yang tepat untuk menggambarkan hubungan antara atasan dan timnya. Seorang leader akan mengajari dan memimpin, memberikan contoh mengenai bagaimana sesuatu berlangsung dan diselesaikan sedangkan pemerintah akan membuat tim saudara bekerja sendiri. Di sini saudara akan kehilangan wibawa dan mungkin dianggap tidak bisa apa-apa oleh tim saudara.

 

4. Memberikan pandangan mengenai gol dan ekspektasi

Hal selanjutnya yang dapat menjadikan saudara sebagai seorang pemimpin yang baik adalah memberikan penjelasan mengenai gol dan ekspektasi dari kegiatan usaha yang sedang dilakukan oleh tim. Dengan memberikan informasi mengenai tujuan dan juga ekspektasi, saudara dapat menyamankan persepsi antara satu tim dengan tim lainnya dan bisa mendorong tim saudara untuk bekerja dengan lebih baik dan lebih keras.

 

5. Memberi dan meminta feedback

Seorang pemimpin yang baik akan selalu memberikan feedback mengenai hasil kerja dari tim yang dimilikinya. Contohnya ketika tim saudara bekerja dengan baik, maka saudara harus memberikan feedback positif. Jangan lupa untuk meminta feedback dari kepemimpinan saudara agar saudara dapat belajar mengenai kesalahan saudara selama memimpin.

Itulah beberapa hal dasar yang harus saudara miliki sebagai seorang pemimpin. Memang terdengar sepele, namun jika hal tersebut diabaikan maka kepemimpinan saudara di mata anggota tim menjadi buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *