Tips Berhenti Merokok di Lingkungan Perokok Aktif

Tips Berhenti Merokok di Lingkungan Perokok Aktif

Berhenti merokok adalah suatu tantangan bagi seorang perokok aktif. Pasalnya beberapa kandungan yang terdapat didalamnya menyebabkan rasa kecanduan, sehingga memicu timbulnya perasaan sulit menghindari kebiasaan merokok.

 

Berhenti Merokok di Lingkungan Perokok Aktif

Berada di lingkungan perokok aktif memang bukanlah hal yang mudah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, namun meskipun demikian, selalu ada cara bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tersebut. bagi saudara yang mungkin ingin menghilangkan kebiasaan merokok, beberapa tips berikut ini dapat bermanfaat.

 

1. Mengelola stres

Keadaan yang stress merupakan salah satu hal yang memicu keinginan seseorang untuk merokok, sebab kandungan nikotin di dalamnya dapat memberikan efek relaksasi dengan cepat. Namun meskipun demikian, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok justru menjadi pemicu mudahnya seseorang merasa stres.

Untuk meredakan stres, maka ubahlah kebiasaan merokok secara perlahan dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan seperti misalnya mendengar musik, terapi pijat, meditasi dan lain sebagainya. sebisa mungkin buatlah diri merasa tenang dan nyaman.

 

2. Menghindari pemicu kebiasaan merokok

Ketika saudara sedang berusaha untuk berhenti merokok, mulailah dengan merubah kebiasaan saat merokok misalnya minum kopi, alkohol dan lain lain. Apabila memiliki kebiasaan merokok setelah makan maka cobalah untuk mencari pengganti rokok, misalnya dengan makan permen, menggosok gigi dan lain sebagainya.

 

3. Mengonsumsi makanan sehat

Bagi perokok aktif kerap kali merasa kurang nafsu makan, sebab nikotin di dalam rokok dapat mengurangi sensitivitas indra perasa dan penciuman. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang sehat dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Selain dari itu, mengkonsumsi makanan yang sehat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang sekaligus dapat mengembalikan selera makan yang berkurang di saat aktif merokok.

 

4. Berolahraga secara rutin

Olahraga adalah suatu hal yang juga cukup penting untuk dilakukan saat memasuki tahap atau proses berhenti merokok. Ketika hasrat ingin merokok datang, maka cobalah untuk mengalihkannya dengan cara berolahraga.

 

5. Membersihkan rumah secara berkala

Membersihkan rumah secara berkala juga dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan merokok, pasalnya aroma rokok yang mungkin tertinggal pada peralatan rumah seperti seperti, baju, dan lainnya dapat menimbulkan niat untuk merokok. Sebisa mungkin, hindari sesuatu yang berkaitan dengan rokok misalnya seperti asbak rokok. 

 

6. Melibatkan keluarga dan teman terdekat

Agar tujuan untuk berhenti merokok dapat terpenuhi, mintalah bantuan kepada keluarga atau teman terdekat. Mintalah dukungan kepada mereka dan terutama bagi keluarga atau teman yang masih merokok aktif agar tidak merokok di area saudara.

 

7. Mencoba terapi pengganti nikotin (nicotine-replacement therapy)

Bagi orang orang yang melakukan proses atau tahap berhenti merokok biasanya mereka akan membutuhkan sesuatu yang dapat menggantikan peran dari rokok, misalnya seperti permen karet, tablet hisap, inhaler, hingga semprotan hidung. Meskipun beberapa hal tersebut telah dianggap aman,  namun saudara tetap perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

8. Menjalani terapi perilaku

Konseling dengan psikolog atau konselor dapat membantu saudara mengidentifikasi faktor pemicu kebiasaan merokok dan menemukan strategi berhenti merokok yang sesuai dengan kondisi saudara. Untuk memaksimalkan keberhasilannya, terapi perilaku dapat dipadukan dengan terapi pengganti nikotin dan pemberian obat-obatan oleh dokter.

 

Itulah beberapa tips yang dapat saudara lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk merokok. Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah, maka dari itu, saudara dapat memulainya dengan mengurangi jumlah rokok setiap harinya, misalnya 10 batang sehari menjadi 5 batang sehari hingga nantinya saudara telah mampu berhenti secara total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *