Tips Pembelajaran Daring Efektif Buat Mahasiswa

Tips Pembelajaran Daring Efektif Buat Mahasiswa

Pandemi yang mewabah di seluruh dunia membuat berbagai aktivitas menjadi terhambat dan beberapa pekerjaan pun harus dilakukan dari rumah. semua sektor dan terutama sektor pendidikan juga terdampak dari pandemi. Demi mencegah penularan virus covid 19 yang semakin mewabah, pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran secara daring yang dimana mahasiswa atau pelajar harus mampu menyesuaikan diri dengan metode baru ini.

Sebagai seorang pelajar yang terbiasa belajar di sekolah tentu bukanlah hal yang mudah untuk beradaptasi dengan situasi dan cara belajar yang baru. salah satu dampak yang seringkali terjadi terhadap pelajar akan pemberlakuan belajar daring adalah kesehatan mental seperti stress, bosan, belajar tidak efektif dan lain sebagainya.

 

Tips Belajar Daring Yang Efektif Buat Kamu Agar Tidak Stress

Menyesuaikan diri terhadap situasi dan kondisi yang berlaku saat ini memang bukanlah perkara yang mudah, namun meskipun demikian, ada sejumlah cara yang patut kita coba untuk menghindari rasa stress saat melakukan pekerjaan daring.

 

1. Manajemen Waktu

Dalam mengatur manajemen waktu, kita harus mengatur jadwal untuk kegiatan belajar. Buatlah jadwal yang seefektif mungkin yang mana saudara harus mengetahui kapan saudara harus belajar dan kapan saudara harus istirahat. Manfaatkan dengan baik manajemen waktu yang telah saudara buat tersebut, pastikan saudara benar benar patuh dengan jadwal yang telah saudara atur.

Ketika saudara belajar jauhkan diri dari hal hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar dan begitu pula ketika saudara beristirahat maka jauhkan hal hal yang dapat mengganggu waktu saudara untuk beristirahat.

 

2. Membuat Suasana Belajar Menjadi Nyaman

Suasana belajar yang nyaman adalah suatu hal yang wajib untuk diwujudkan dalam hal tersebut. aturlah tempat atau posisi dimana saudara dapat belajar dengan fokus. Hindari memilih ruang atau tempat yang terlalu berisik atau dapat mengganggu aktivitas saudara ketika belajar. 

 

3. Meluangkan Waktu Untuk Bersantai

Belajar memang merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi tujuan utama dari setiap pelajar atau mahasiswa. Namun meskipun demikian, istirahat juga merupakan suatu hal yang tidak kalah pentingnya. Istirahat adalah suatu hal yang dapat menjaga kesehatan saudara dan kesehatan adalah suatu hal yang akan saudara butuhkan dalam melakukan pembelajaran yang efektif. Isi waktu istirahat saudara dengan hal hal yang dapat meringankan pikiran saudara seperti tidur, berilah raga, main game dan lain lain.

 

4. Self Reward Untuk Diri Sendiri

Memberikan self reward untuk diri sendiri dapat membuat kamu semangat dalam menjalani kegiatan belajar daring. Saudara bisa membeli makanan yang disukai atau hanya sekedar menonton film. Wajib banget nih kasih self reward ke diri sendiri.

 

5. Tidur yang Cukup

Terakhir, tips ini sangatlah penting untuk kesehatan. Tidur yang cukup dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil yang mana secara tidak langsung dapat mengurangi level stressmu. Sebisa mungkin aturlah jadwal tidur agar tidur  teratur dan janganlah perbanyak begadang karena tidak baik untuk kesehatan.

Nah itulah beberapa hal yang perlu saudara pertimbangkan dalam menghindari stress saat belajar daring. Selalu konsisten dan jaga kesehatan adalah kunci utama dalam menyesuaikan diri atas suatu situasi dan kondisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *