7 Tips Berkenalan dan Bergaul

7 Tips Berkenalan dan Bergaul

Ketika sebuah keadaan menuntut saudara untuk pindah rumah karena suatu hal seperti tuntutan pekerjaan, merantau, pendidikan dan lainnya, maka saudara juga dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar seperti tetangga dan orang lain di sekitarnya.

 

Tips Berkenalan dan Bergaul dengan Tetangga Saat Pindah Rumah Baru 

Agar proses perkenalan dengan tetangga dan lingkungan sekitar menjadi mudah, berikut kami punya tips untuk saudara. Seperti apa tipsnya.? Simak sebagai berikut

 

1. Meminta Bantuan Pengurus RT

Seluruh lingkungan di indonesia pastinya mengenal sistem RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga). Jika saudara ingin mudah melakukan perkenalan dan pendekatan dengan orang orang yang berada di lingkungan tempat tinggal baru, saudara bisa meminta bantuan kepada ketua RT atau RW.

 

2. Berinisiatif untuk Berkenalan dengan Tetangga 

Saudara juga bisa berinisiatif untuk berkenalan dengan tetangga yang berada di samping kanan kiri dan depan rumah. Lakukan perkenalan ketika saudara pindah rumah dan berjumpa dengan mereka. pada beberapa daerah memiliki tradisi membagi makanan atau masakan ketika baru berpindah rumah sebagai bentuk perkenalan. Mungkin hal tersebut dapat saudara lakukan untuk mempermudah pendekatan dengan orang yang ada di sekitar.

 

3. Mengadakan Acara Syukuran 

Tidak ada salahnya untuk mengadakan syukuran ketika menempatkan rumah baru. ajaklah tetangga yang berada dalam satu kompleks, atau juga bisa mengundang warga lain yang masih satu RW dengan saudara. 

 

4. Selalu Menyapa Tetangga

Menyapa dan ramah setiap kali bertemu dengan tetangga juga bisa menjadi salah satu cara yang akan memudahkan saudara untuk melakukan pendekatan dengan warga kompleks. Tidak hanya ketika bertemu di area rumah saja, sapalah para tetangga atau warga kompleks ketika berjumpa di luar kompleks misalnya di pasar, mall, jalan dan lain sebagainya. semakin sering sapa menyapa mereka tentu akan membuat mereka semakin merasa dekat dengan saudara dan hal tersebut juga akan membantu saudara tidak merasa canggung dengan orang sekitar.

 

5. Aktif dalam Kegiatan RT

Ada Lingkungan yang terkadang memiliki kegiatan aktif, dan ada juga yang tidak. Jika dilingkungan tempat tinggal baru saudara memiliki suatu kegiatan aktif misalnya seperti pengajian, gotong royong dan lainnya, maka cobalah untuk ikut dalam kegiatan tersebut, sebab melalui kegiatan tersebut akan memudahkan saudara untuk melakukan pendekatan dengan warga sekitar.

 

6. Aktif dalam Kegiatan Komunitas 

Apabila saudara bertempat tinggal di kompleks perumahan, biasanya akan ada komunitas tertentu misalnya seperti komunitas bulu tangkis, futsal, sepeda, tenis, dan lainnya, cobalah cari komunitas yang sesuai dengan hobby saudara dan bergabunglah dengan mereka.

 

7. Nongkrong Bareng Tetangga

Biasanya kaum bapak bapak kerap kali nongkrong di area kompleks yang hanya sekedar main catur, minum kopi dan lain lain. Luangkan sedikit waktu saudara untuk bergabung bersama mereka agar kedekatan saudara akan menjadi lebih mudah.

Nah itulah beberapa cara yang dapat saudara lakukan untuk melakukan perkenalan dan pergaulan yang mudah dengan lingkungan tempat tinggal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *