Cara Berkomunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Cara Berkomunikasi Efektif di Lingkungan Kerja

Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 70 persen dari kesalahan dalam bisnis disebabkan oleh terjalinnya sebuah komunikasi yang buruk. Hasil tersebut menunjukkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di tempat kerja.

Pasalnya, selain dapat meningkatkan hubungan, keterlibatan dan produktivitas, komunikasi yang efektif juga akan dibutuhkan dalam mencapai kesuksesan perusahaan secara berkeseluruhan. Maka dari itu, baik sebagai atasan maupun karyawan harus mampu menjalin dan mendorong perusahaan untuk bergerak maju melalui komunikasi yang efektif.

 

Berbagai cara berkomunikasi yang baik

Dalam menjalin komunikasi yang efektif, setidaknya ada beberapa cara yang dapat saudara terapkan dalam berkomunikasi di lingkungan kerja. Apa saja cara tersebut.? berikut beberapa diantaranya.

 

1. Jangan hanya fokus pada diri sendiri

Dalam menjalin sebuah komunikasi pastinya akan ada yang berbicara dan akan ada yang mendengar. Di lingkungan kerja hal tersebut juga pastinya akan berlaku. Jangan hanya fokus pada pembicaraan diri sendiri saja, cobalah untuk memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk menyampaikan apa yang ingin mereka sampaikan, sebab mungkin saja pendapat dari mereka akan mempengaruhi kesuksesan perusahaan tersebut nantinya.

 

2. Bersikap mendukung

Menunjukan sebuah dukungan juga merupakan salah satu cara berkomunikasi yang baik. Meskipun saudara merasa tidak setuju dengan pendapat dari lawan bicara, bukan berarti saudara harus membalas pembicaraan dengan sifat yang agresif. Berikan kritik membangun dan pendapat yang dapat membantu. 

 

3. Berkomunikasi dengan jelas

Saudara harus bisa selalu berbicara dengan jelas dan terarah agar rekan kerja atau anggota tim bisa memahami apa yang saudara butuhkan. Sebab, ketika saudara mengacau dan tidak yakin dengan apa yang saudara katakan, orang lain cenderung tidak akan mendengarkan saudara.

Bila hal ini masih sulit untuk saudara lakukan, cobalah untuk menulis poin-poin yang hendak saudara katakan terlebih dahulu sebelum saudara menyampaikan sesuatu yang penting atau saat harus berkomunikasi dengan kelompok yang besar. 

 

4. Bersikap jujur dan terbuka 

Cara berkomunikasi yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan bersikap jujur dan terbuka apa adanya, agar lawan bicara saudara tidak salah paham terkait apa yang saudara sampaikan dalam sebuah komunikasi. Bahkan ketika saudara merasa keberatan dengan topik pembicaraan, maka ungkapkan bahwa saudara tidak ingin membahas atau membicarakannya. Orang yang bersikap jujur akan terlihat lebih tulus dan mudah diterima oleh orang lain.

 

5. Jadilah pendengar yang terlibat 

Ketika berkomunikasi dengan orang lain, terkadang terlalu fokus dengan apa yang hendak kita katakan. Padahal dalam menjalin komunikasi yang efektif, tidak hanya sekedar berbicara yang baik saja, namun bagaimana juga kita dapat menjadi pendengar yang terlibat.

Menjadi pendengar yang terlibat berarti saudara tidak hanya memahami kata-kata dan emosi yang coba disampaikan pembicara, namun juga membantu lawan bicara saudara tersebut merasa didengar dan dipahami. 

 

6. Pilih medium komunikasi yang tepat 

Dalam lingkungan kerja, komunikasi kerap dilakukan dalam berbagai medium, seperti tatap muka, panggilan telepon, konferensi video, pesan teks hingga email. Agar setiap komunikasi di berbagai medium tetap efektif, cobalah pikirkan apakah medium yang akan saudara gunakan sudah tepat dan dapat mendukung pesan tersampaikan dengan efektif. 

Pertimbangkan beberapa hal seperti  tingkat urgensi topik, ukuran masalah atau pertanyaan yang ingin diajukan, berapa banyak orang yang terlibat dan seberapa formal topik tersebut untuk memutuskan medium komunikasi mana yang terbaik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *