Mencintai dan Melestarikan Alam Sejak Dini

Mencintai dan Melestarikan Alam Sejak Dini

Mencintai dan melestarikan alam sejak dini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan demi menjaga alam agar tetap asri agar kelak anak dan cucu kita dapat ikut merasakan keindahan alam yang asri. 

 

Cara Mencintai dan Melestarikan Alam

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan berikut beberapa cara yang dapat saudara lakukan untuk hal tersebut.

 

1. Bermain di Alam

Salah cara yang dapat saudara lakukan untuk menumbuhkan perasaan cinta akan alam adalah dengan bermain dengan alam. Dengan bermain dengan alam, kita akan menjadi lebih mudah dalam memberikan gambaran terkait lingkungan yang seharusnya kita jaga dan cintai. Tentu sambil bermain kita juga harus mampu mengedukasi mereka tentang tanggung jawab seorang manusia untuk menjaga lingkungan hidup masing masing, misalnya seperti menghindari membuang sampah sembarangan, tidak melakukan penebangan liar dan lain sebagainya.

 

2. Menjadi contoh yang baik bagi Anak

Anak anak cenderung melakukan perilaku dan kebiasaan dari orang tuanya. Jika saudara mampu menunjukan kepada mereka bagaimana cara memperlakukan alam dengan baik, tentu mereka kelak akan melakukan hal yang serupa. Maka dari itu, jadilah contoh yang baik terhadap anak anak saudara agar kelak mereka juga dapat menjadi pecinta alam.

 

3. Mengajarkan Anak untuk Berkebun

Apabila saudara memiliki taman di rumah, berkebun merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Selain itu, melalui berkebun, kita dapat mengajarkan mereka tanggung jawab untuk merawat tanaman yang mereka tanam, dari mengurus tanah tempat menanam, memberikan pupuk, menyirami tanaman setiap hari, dan akhirnya dapat memanen hasil dari tanaman tersebut. Kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian mereka terhadap tanaman tersebut beserta lingkungannya.

 

4. Ajari untuk Menghemat air dan listrik

Tidak membuang-buang air , mematikan barang elektronik yang tidak digunakan, mematikan lampu di ruangan, dan lain lain, merupakan beberapa contoh perilaku yang dapat kita ajarkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Mengurangi penggunaan air dan daya listrik juga akan memberikan manfaat bagi sektor ekonomi di dalam keluarga saudara. tagihan yang seharusnya membengkak dapat ditekan menjadi lebih kecil sehingga uang yang seharusnya digunakan untuk membayar tagihan dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

 

5. Memberikan barang-barang kepada yang lebih membutuhkan

Jika saudara memiliki barang barang bekas dan masih dapat difungsikan, maka sebaiknya diberikan kepada orang yang membutuhkannya dibandingkan dengan membuangnya, sebab mungkin saja benda atau barang yang anda buat tersebut tidak dapat terurai oleh alam sehingga pada akhirnya akan menjadi sampah yang merusak kelestarian lingkungan.

Selain dari itu, berbagi kepada orang yang membutuhkan juga dapat memupuk rasa peduli antar sesama yang pastinya akan menjadi contoh yang sangat baik untuk anak anak saudara. dengan menanamkan rasa untuk saling peduli antar sesama terhadap anak anak kita tentu nantinya mereka akan tumbuh menjadi orang yang peduli baik untuk lingkungan keluarga maupun lingkungan di luar keluarga.

Beberapa hal diatas merupakan cara untuk mengajak anak-anak lebih mencintai lingkungan hidupnya. Orangtua harus menjadi contoh yang baik bagi anak sehingga penting untuk selalu mengawasi dan memberikan arahan untuk anak agar mereka lebih peduli dengan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *