Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Disukai Bawahan

Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Disukai Bawahan

Banyak orang yang ingin menjadi pemimpin di sebuah perusahaan, yang mungkin saja anda adalah salah satu orang tersebut. namun perlu diketahui, menjadi seorang pemimpin tidak semudah dibayangkan, sebab ada banyak hal yang harus mampu diperankan oleh seorang pemimpin dan juga membutuhkan waktu dan perjalanan yang cukup panjang sampai kita benar benar mampu menjalankan peran sebagai seorang pemimpin.

 

Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Disukai Bawahan

Seorang pemimpin yang ideal yang disukai oleh bawahannya memiliki beberapa kriteria dan berikut beberapa kriteria seorang pemimpin yang ideal.

 

1. Jadilah Role Model yang Baik

Seorang pemimpin adalah cermin bagi setiap bawahannya. Segala tindak dan perilaku di lingkungan perusahaan akan menjadi contoh bagi bawahannya. Maka dari itu, sebagai seorang pemimpin kita harus mampu memberikan contoh yang baik kepada setiap bawahan.

Katakan saja, Anda ingin mempunyai tim yang disiplin terhadap waktu, baik saat datang ke kantor hadir di sebuah meting atau pertemuan, dan lainnya. Pun begitu dengan urusan yang lainnya, semisal cara berpakaian dan berbicara. Sebelum saudara menginginkan sosok bawahan yang demikian, alangkah baiknya jika saudara mampu melakukan apa yang saudara ingin dilakukan oleh setiap karyawan. 

 

2. Jadikan Diri Saudara Pemimpin, Bukan Bos

Cara membedakan seorang pemimpin dengan bos adalah melihat bagaimana tim bersikap terhadap saudara. Seorang pemimpin ketika memberikan sebuah perintah, maka dia tidak akan hanya sekedar memberikan sebuah perintah melainkan seorang pemimpin memiliki kerendahan hati, terbuka untuk berdiskusi, menerima kritik dan juga saran yang dikeluarkan bawahan untuk kemajuan dari perusahaan.

Sikap seorang pemimpin seperti ini sangat disukai oleh bawahan. Mereka akan merasa senang dan bangga apabila dilibatkan dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan begitu rasa hormat dari seorang bawahan akan muncul dengan sendirinya.

Berbeda dengan seorang bos yang hanya sekedar memberikan perintah. Bos seakan memiliki sikap tak acuh dan tidak terbuka akan mekanisme tugas yang diberikannya, yang terpenting karyawan harus dapat menyelesaikan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang ditargetkan.

 

3. Pandai Mengelola Emosi

Emosi yang rendah maka energi yang dikeluarkan pun akan menjadi rendah, sebaliknya apabila emosi saudara meningkat maka energi yang disalurkan akan meningkat pula. Maka dari itu saudara sebagai seorang pemimpin harus pandai pandai dalam mengontrol emosi dalam diri. Jangan sampai emosi berada pada titik terendah , namun jangan pula emosional, sebab hal tersebut akan menjadi sebuah bumerang bagi diri saudara sendiri.

 

4. Asah Keterampilan Memimpin Saudara Secara Konsisten

Seorang pemimpin yang ideal membutuhkan proses. Setiap individu memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpi. Tinggal sekarang bagaimana orang tersebut, termasuk juga dengan saudara yang bertekad terus mengembangkan potensi.

Menjadi pemimpin yang fleksibel, artinya saudara bisa menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di lapangan. Ini merupakan cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan saudara dalam urusan memimpin. Karena dengan begitu, saudara jadi tahu bagaimana harus bersikap di berbagai situasi.

 

5. Berani Mengakui Kesalahan

Sebagai manusia, kita tak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Hal ini berlaku juga bagi seorang pemimpin. Namun tak sedikit orang yang enggan untuk mengakui kesalahannya tersebut atas nama gengsi belaka. Hindari hal ini jika saudara ingin dicap sebagai seorang pemimpin sejati. Alih-alih saudara  terlihat lemah dan tidak berintegritas, mengakui kesalahan justru akan membuat saudara dihormati oleh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *