Ciri Ciri Daerah Rawan Banjir

Ciri Ciri Daerah Rawan Banjir

Ketika kita membicarakan mengenai musim hujan. Maka ada banyak hal yang dapat untuk dibahas akan hal tersebut dan salah satunya adalah mengenai daerah banjir. Kejadian banjir di indonesia sendiri masih terbilang cukup sering terjadi di berbagai daerah.

Hal ini merupakan salah satu masalah yang masih cukup sulit untuk untuk diatasi. Bagaimana tidak jika kesadaran untuk menjaga lingkungan dan menghindari proses penebangan liar masih terjadi di mana mana.  

Masalah ini merupakan salah satu masalah penting yang banyak menjadi kendala dan bisa dikatakan sangat penting untuk ditanggulangi secepatnya. Ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh banjir. Salah satu dampak yang dapat disebabkan oleh banjir adalah kegiatan sehari hari menjadi terganggu sehingga ekonomi masyarakat secara tidak langsung juga akan terkena dampaknya.

Ketika datangnya bencana banjir akan timbul pula berbagai macam masalah dalam lingkungan yang terdampak, maka dari itu mengantisipasi dan menjaga lingkungan sudah menjadi suatu hal yang wajib untuk dilakukan oleh setiap masyarakat. Kesadaran individu dalam hal ini sangatlah dibutuhkan.

 

Ciri Ciri Daerah Rawan Banjir

Ada beberapa jenis-jenis banjir yang bisa kita temukan dan yang banyak terjadi. setiap jenis memiliki daerahnya sendiri-sendiri yang bisa dikatakan memiliki karakteristik. Daerah yang disebut sebagai daerah banjir pun bukan daerah yang sembarangan terjadi banjir. Ada beberapa ciri-ciri daerah rawan banjir yang harus dipenuhi untuk bisa menjadikan kawasan tersebut sebagai daerah banjir. Beberapa ciri-ciri tersebut seperti

 

1. Daerah memiliki topografi khusus

Hal yang satu ini memiliki hubungan yang erat dengan relief permukaan bumi. Sebagaimana diketahui, beberapa daerah terkadang merupakan daerah cekungan, sehingga ketinggiannya berada di bawah ketinggian yang normal.

Ketika volume air meningkat di daratan maka air akan secara otomatis mengalir ke daratan yang lebih rendah sehingga daerah daerah yang berada pada dataran yang rendah akan menjadi pusat kumpulan dari air yang berada di daratan. 

 

2 Kawasan Banjir alami

Daerah ini juga masih memiliki ciri ciri yang masih memiliki hubungan dengan tingkat ketinggian tanah. namun biasanya daerah ini memiliki lebih ke berupa daerah penampungan air. Bentuk daerah yang satu ini dapat saja menjadi daerah rawa atau daerah yang berada di kawasan delta sungai.

 

3 Daerah Aliran Sungai

Pada dasarnya, tidak semua kawasan aliran sungai dapat dikatakan sebagai daerah yang rawan akan banjir. Ketika kawasan Daerah Aliran Sungai masih berada pada titik yang aman maka tidak akan termasuk dalam kategori daerah rawan banjir. Namun ketika kawasan tersebut berada dalam kondisi yang rusak dan kritis maka barulah menjadi kawasan rawan banjir.

 

4. Daerah Dengan Curah Hujan Tinggi

Ketinggian curah di suatu daerah juga bisa menjadi daerah yang rawan banjir. Ketinggian dari curah hujan pada suatu daerah akan sangat berhubungan erat dengan dinamika perubahan atmosfer. Daerah dengan kawasan iklim tropis merupakan suatu daerah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Di indonesia sendiri memiliki beberapa kawasan yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga masih saja menjadi daerah langganan banjir.

Itulah beberapa ciri ciri daerah yang rawan akan banjir. Jika daerah saudara termasuk dalam kategori daerah tersebut, maka ketika terjadinya musim penghujan sebaiknya siapkan berbagai hal yang perlu untuk dipersiapkan dalam hal mengantisipasi terjadinya banjir yang secara tiba tiba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *