Tips Untuk Mahasiswa Baru Biar Cepat Akrab dengan Lingkungan Kampus

Tips Untuk Mahasiswa Baru Biar Cepat Akrab dengan Lingkungan Kampus

Dalam dunia perkuliahan nyatanya jauh berbeda dengan masa masa sekolah menengah yang membuat saudara menjadi cukup penasaran dan menantang. Menjalani hari hari di jenjang perkuliahan membuat banyak orang merasa tidak sabar.

kampus adalah sebuah wadah yang tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk memperkaya ilmu pengetahuan, namun juga menjadi wadah yang dapat digunakan untuk  mencari teman baru, pengalaman baru, pengenalan jati diri, dan lain sebagainya.

Menjadi seorang mahasiswa baru yang akan menghabiskan sebagian waktunya di kampus tentu sadar akan dituntut untuk mampu menjadi sosok seorang yang mandiri. Sebab pada masa kuliah berbeda jauh dengan masa masa sekolah menengah atau SMA.

 

Tips Untuk Mahasiswa Baru Biar Cepat Akrab

Salah satu solusi terbaik agar saudara dapat bertahan dan betah menjalani kehidupan di bangku kuliah adalah dengan mampu beradaptasi dengan baik dilingkungan yang baru. Karena jika saudara bisa beradaptasi, dari mulai teman hingga orang-orang dekat pasti akan mudah saudara dapatkan. Lantas bagaimana cara agar mudah untuk beradaptasi dengan tempat kuliah yang baru.? berikut beberapa tipsnya.

 

1. Gabung di Forum Mamikos

Jika saudara merupakan mahasiswa rantau yang belum mengerti seluk beluk kota tujuan, pastinya saudara perlu mencari referensi yang akurat mengenai berbagai macam kondisi lokasi. Salah satu cara untuk mencari informasi yang akurat adalah dengan mengunjungi forum Mamikos di Forum Good Senior Mamikos.

 

2. Belajar untuk membuka diri dengan orang-orang baru

Bersifat terbuka merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan saudara berinteraksi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan pergaulan yang baru. adanya sifat yang terbuka akan membuat saudara lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh teman sepergaulan yang baru sehingga kesalahpahaman dalam pergaulan akan menjadi lebih mudah untuk diatasi.

 

3. Mencari informasi seputar fakultas dan jurusan yang telah dipilih

Sebelum memutuskan untuk masuk sebuah fakultas, ada baiknya jika saudara melakukan survey terlebih dahulu baik lokasi, jurusan, dan hal hal lainnya. Dengan melakukan survey terlebih dahulu akan membuat saudara merasa lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus.

 

4. Jangan pernah malu untuk bertanya kepada kakak senior

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Malu Bertanya Sesat Dijalan” pepatah tersebut juga berlaku untuk saudara yang baru memasuki dunia perkuliahan. Jangan malu untuk bertanya kepada para senior terkait segala macam informasi yang saudara butuhkan dalam dunia perkuliahan. Semakin banyak informasi yang akan saudara peroleh maka akan semakin mudah untuk saudara beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan.

 

5. Mengikuti beberapa organisasi dan kegiatan di universitas

Nyatanya, memang tidak semua mahasiswa berminat untuk ikut kegiatan kampus dan organisasi. Tapi, tidak sedikit juga yang tertarik untuk bergabung. Dengan mengikuti beberapa organisasi atau kegiatan di kamus secara tidak langsung kamu telah mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan positif yang secara tidak langsung akan membantu saudara untuk mengeksplor dan mengenali kelebihan serta kekurangan sendiri.

Nantinya, kelebihan ini dapat saudara asah kembali selama saudara menjalani masa perkuliahan dengan mengikuti beberapa kompetisi atau kejuaraan antar kampus hingga berpartisipasi dalam kepanitiaan kejuaraan itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *