Hati Bulan Ramadhan adalah Malam Lailatul Qadar

Hati Bulan Ramadhan adalah Malam Lailatul Qadar

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim, sebab pada bulan ini, ganjaran pahala atas amal kebaikan akan dilipat gandakan. Namun di dalam bulan ramadhan ada satu malam yang sangat istimewa yaitu malam Lailatul Qadar.

Malam ini merupakan malam yang lebih baik dari malam lainnya yang dimana malam ini dianggap lebih baik dari serubu bulan. Hal tersebut tercantum pada Surat Al-Qadr: 1-5 yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 1-5).

Ramadhan adalan Bulan Rahmat

Nabi Suci (saw) telah mengatakan: ‘Bulan Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmat, Pertengahannya adalah pengampunan dan Ujungnya adalah pembebasan dari api neraka ( Bihar al-Anwar, jilid. 93, hal. 342).’

 

Hadits Tentang Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Nabi Suci (saw) berkata:’ Wahai manusia! Sesungguhnya bulan Allah telah menghampirimu. Bulan ini, di mata Allah, adalah bulan yang paling mulia. Hari-harinya adalah hari-hari terbaik. Hari-harinya adalah yang terbaik dari siang dan malam-malamnya adalah malam-malam yang terbaik dan waktu-waktunya adalah waktu-waktu yang terbaik.( Bihar al-Anwar, jilid. 96, hal. 356).

 

Bulan Ramadhan adalah Bulan yang Terbaik

Imam Shadiq berkata: ‘Bulan-bulan terbaik adalah bulan Allah – bulan Ramadhan – dan hati bulan Ramadhan adalah Malam Lailatul Qadar’. (Bihar al-Anwar, jilid hal. 386)

 

Malam Lailatul Qadar

Nabi Suci (saw) berkata: ‘Wahai manusia! Sesungguhnya, bulan yang agung dan penuh berkah telah menyelimuti Anda. Sebulan yang didalamnya ada satu malam, amalannya lebih baik dari seribu bulan.’ ( Bihar al-Anwar, vol.96, hal. 342).

 

Hadiah Bulan Allah

Nabi Suci (saw) berkata: Setiap tarikan nafas seorang hamba di bulan Ramadhan adalah bertasbih dan memuliakan Allah, dan tidurnya seorang hamba adalah ibadah kepada Allah. ( Bihar al-Anwar, jilid. 96, hal. 356).

 

Puasa Bulan Ramadhan

Nabi Suci (saw) mengatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan di mana Allah Yang Maha Perkasa, Yang Maha Mulia, mewajibkan puasa atas hamba yang beriman. Maka barang siapa yang berpuasa di bulan ini dalam keadaan beriman dan dengan niat untuk mendapatkan pahala, maka ia akan terbebas dari dosa-dosanya seperti pada hari ibunya melahirkannya. (Tahdheeb al-Ahkam, vol. 4, hal. 152)

 

Ramadhan adalah Bulan Perjuangan Rohani

Imam Jafar Shadiq berkata bahwa bila bulan Ramadhan tiba, bersungguh-sungguhlah, karena sesungguhnya di bulan inilah pembagian mata pencaharian, jam kematian ditentukan dan kedatangan haji ditentukan. Di dalamnya ada satu malam, amalan-amalan di dalamnya lebih baik dari amalan-amalan dalam seribu bulan.  (Al-Kafi, jilid. 4, hal. 66).

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *