Apa Saja Yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa

Apa Saja Yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa

Puasa ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan sebagai umat Muslim selama bulan ramadhan. Secara umum, puasa dikenal dengan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan diri dari lapar dan haus yang dimulai dari terbitnya matahari hingga terbenam matahari.

Namun sebenarnya, puasa tidak hanya sampai disitu saja, sebab ada banyak hal yang wajib dihindari sebagai orang  Muslim yang sedang berpuasa. Apa saja hal tersebut.? simak terus artikel ini hingga selesai.

 

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berpuasa

Berpuasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, namun ada pula beberapa hal lain yang patut untuk dihindari bagi setiap orang yang sedang menjalankan puasa. Apa saja hal tersebut.? berikut beberapa diantaranya. 

 

1. Berdusta

Tindakan bodoh serta berbantah-bantah Orang puasa dilatih agar jujur dalam perkataan dan tidak melakukan Tindakan bodoh (ngawur) yaitu melanggar aturan-aturan syara’ padahal ia mengetahuinya.

 

2. Berkata Kotor

Berbuat gaduh dan bertengkar Orang berpuasa harus menunjukkan sopan santun dalam berucap tidak mengatakan perkataan kotor dan tidak senonoh, tidak bertengkar serta selalu ramah dan tidak membalas kata kasar kepada orang lain. 

 

3. Berkumur Secara Berlebihan

Berkumur-kumur dan beristinsyaq (memasukkan air ke hidung ketika berwudhu) tidak membatalkan puasa. Di luar bulan puasa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan agar orang berkumur dan beristinsyaq sekeras-kerasnya agar mulut dan hidung lebih bersih. Namun dalam bulan puasa dituntunkan agar jangan berlebihan melakukan hal demikian agar tidak kemasukan air ke dalam perutnya sehingga puasanya menjadi batal. Jadi berkumur dan istinsyaq secara normal tidak membatalkan puasa. 

 

4. Bermesraan

Hindari berciuman secara bernafsu Ciuman suami kepada isterinya atau sebaliknya tidak membatalkan puasa. Hanya saja ciuman itu dipantangkan bagi orang berpuasa apabila disertai birahi dan rangsangan nafsu seksual. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri diriwayatkan pernah mencium istrinya ketika sedang puasa dan puasanya tidak dinyatakan batal karena ciuman beliau tidak disertai rasa birahi.

 

5. Mencicipi Makanan

Ketika berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan lapar dan haus. Maka dari itu,mencicipi makanan secara sengaja tidak diperbolehkan ketika berpuasa. Meskipun mencicipi tidak akan menghilangkan lapar dan haus, namun hal tersebut tetap tidak diperbolehkan

 

6. Tidur Secara Berlebihan

Tidur memang meru[akan salah satu bentuk dari ibadah, namun saat berpuasa kita tidak dianjurkan untuk tidur secara berlebihan, sebab dengan tidur berlebihan dikhawatirkan kita tiak menjalankan ibadah wajib sebagai Muslim yaitu salat 5 waktu. Berpuasa tanpa salat akan percuma saja.

 

7. Tidak Salat

Orang yang sengaja meninggalkan salat saat berpuasa disebut dapat merusak amal baiknya saat Ramadhan. Berikut penjelasan dari sebuah riwayat:

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya, “Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan salat?” Beliau rahimahullah menjawab, “Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan salat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan salat berarti kafir dan murtad“.

Dalil mengatakan bahwa meninggalkan salat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *