Apa Hikmah Dari Aqiqah Dan Qurban?

Apa Hikmah Dari Aqiqah Dan Qurban?

Melakukan aqiqah dan qurban merupakan suatu ibadah yang sama, meskipun memiliki tujuan yang berbeda beda. Qurban sendiri merupakan suatu ibadah yang dilakukan untuk melatih keikhlasan dan pengorbanan sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim. Begitu Pula dengan aqiqah yang juga merupakan bentuk ibadah untuk melatih keikhlasan dan pengorbanan seseorang  yang melaksanakannya.

Hikmah dari melaksanakan qurban atau aqiqah tentu ada banyak sekali yang akan dirasakan secara langsung maupun tidak langsung bagi setiap orang yang melaksanakannya. Apabilah dalam melaksanakan qurban diajurkan bagi setiap orang yang mampu, maka berbeda dengan aqiqah yang dimana dilakukan atas rasa syukur kelahiran seorang anak.

 

Apa Hikmah Dari Aqiqah Dan Qurban?

Ada cukup banyak hikmah yang akan dirasakan dalam melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Melambangkan Ketakwaan

Bagi setiap orang yang memperoleh hikmah dari qurban atau aqiqah merupakan orang yang senantiasa selalu bertakwa. Artinya, mereka mempercayai dan juga menjalankan atas segala macam perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

 

  1. Mendapatkan Ridha Allah

Salah satu jalan untuk memperoleh ridha Allah adalah dengan melaksanakan ibadah Qurban dan Aqiqah. Seorang Muslim yang selalu mengharapkan ridha dari Allah akan senantiasa mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. Bagaimana tidak? Setiap perilaku dan perbuatannya hanya dilakukan sesuai dengan ketentuan yang Allah tetapkan.

Oleh sebab itu, yang menjadi salah satu keistimewaan dalam berqurban dapat menaikkan tingkat keimanan seseorang kepada penciptanya. Meneladani kisah Nabi Ibrahim yang mengorbankan putranya sendiri untuk disembelih.

Allah menguji tingkat keimanan seorang Muslim melalui pengorbanan tersebut yang kemudian akan digantikan dengan hewan sembelih, sebagaimana telah diceritakan dalam kisah Nabi Ibrahim yang dengan ikhlas menjalankan perintah Allah untuk menyembelih atau Qurban anaknya (Nabi Ismail) sendiri.

Allah kemudian menggantikan Nabi Ismail dengan hewan qurban, disanalah terbuktinya kesabaran dan sikap berserah diri Nabi yang dapat dipelajari.

 

  1. Membersihkan Rezeki

Setiap rezeki manusia telah diatur oleh Allah SWT, bahkan semut pun sudah ditetapkan rezekinya apalagi seorang manusia. Maka dari itu, manusia sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah qurban bagi yang telah mampu serta aqiqah sebagai rasa bersyukur.

Artinya,  untuk mengeluarkan setiap rezeki yang telah dititipkan Allah kepada seseorang dengan berlebihnya rezeki dalam bentuk harta yang dimilikinya. Memungkinkan untuk melakukan pembersihan harta lewat ibadah kurban dan akikah yang dilakukannya. Manfaat lainnya juga dapat digunakan untuk mensucikan sebagian harta yang diperoleh.

 

  1. Menanamkan Kepedulian

Melaksanakan ibadah qurban dan membagi daging Qurban secara percuma (tidak dijual) merupakan salah satu hal yang akan mengajarkan kita untuk menanamkan kepedulian antar sesama.Seseorang yang telah mampu secara finansial tentu akan tergerak hatinya untuk melaksanakan salah satu ibadah qurban maupun aqiqah.

Hikmah yang didapat dengan berqurban berarti telah berbagi dengan fakir miskin dan juga para peternak yang menjual hewan qurban. Hal itu merupakan bentuk dari rasa peduli yang ditimbulkan dari melakukan ibadah qurban.

 

  1. Berbagi Kepada Sesama

Islam merupakan agama yang paling indah, yang dimana didalamnya senantiasa mengajarkan kita untuk saling berbagi antar sesama manusia. Hal ini tentu akan memberikan sedikit kebahagiaan bagi para kaum dhuafa yang sulit untuk mencukupi setiap kebutuhan makanannya.

Nah itulah beberapa manfaat atau hikmah dari melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah, semoga penjelasan dari kami dapat bermanfaat dan mengetuk pintu hati kita sesama agar senantiasa selalu berbagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *