Niat Puasa Rajab Dan Artinya

Niat Puasa Rajab Dan Artinya

Dalam Islam puasa terbagi menjadi 2 yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib merupakan puasa yang harus dilaksanakan dan apabila tidak maka akan berdosa. Sementara puasa sunnah merupakan puasa yang boleh dilakukan namun boleh juga tidak. Apabila dilaksanakan maka akan mendapatkan pahala sebagaimana yang menjadi keutamaan dari puasa yang ditunaikan. Sedangkan apabila tidak dilakukan maka tidak akan berdosa.

Ada berbagai macam puasa sunnah salah satunya adalah puasa rajab. Puasa pada bulan Rajab memiliki keutamaan bagi yang menjalankannya adalah pahala sebesar ibadah 900 tahun. Lalu, hadits lain mengatakan jika satu hari puasa Rajab berarti sama halnya dengan 30 hari di bulan lainnya (kecuali Ramadhan). “Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram.” Imam al-Ghazali dalam Ihyâ ‘Ulumiddîn (juz 3, h. 431).

Selain itu, puasa Rajab juga bisa dilaksanakan dengan satu hari berpuasa dan satu hari tidak. Lalu, bagi orang yang memiliki utang puasa Ramadan, diperbolehkan untuk qadha bersamaan puasa sunnah Rajab. Dalam menjalankan ibadah puasa, seorang Muslim diwajibkan untuk berniat terlebih dahulu. 

 

Niat Puasa Rajab Dan Artinya

Adapun lafal niat puasa Rajab ini adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ. Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Jika belum sempat berniat di malam hari, Muslim tetap boleh berpuasa Rajab asalkan belum makan dan minum sejak Subuh dan wajib berniat sampai sebelum waktu dzuhur tiba. Adapun niat puasa sunah Rajab di siang hari adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

 

Doa berbuka puasa Rajab 

Sama halnya dengan doa berbuka puas apada umumnya. Doa berbuka puasa rajab juga dapat mengucapkan doa berikut.

Berikut bacaan doa buka puasa Rajab:

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

 

Sedangkan dalam Hadits Riwayat Imam Abu Dawud, doa buka puasa hanya cukup membaca:

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.”

 

Hadits Shahih tentang bulan rajab

Hadits dari Utsman bin Hakim al-Anshari radhiyallahu anhu

Hadits shahih tentang bulan rajab pertama yang membahas tentang bulan rajab dapat kami sampaikan ialah hadist dari Utsman bin Hakim al-Anshari radhiyallahu anhu, yang berkata, “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa hingga kami menyangka beliau tidak berbuka; dan beliau berbuka hingga kami menyangka beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali di bulan Ramadhan. Dan aku juga tidak pernah melihat satu bulan yang beliau banyak berpuasa padanya kecuali Sya’ban.” (Shahih Muslim, 6/37, no. 1960. Sunan Abu Daud, 6/406, no. 2075)

 

Hadits dari Usamah bin Zaid radhiyallahu anhuma

Hadits shahih tentang bulan rajab berikutnya datang dari Usamah bin Zaid radhiyallahu anhuma, yang berkata: “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalan satu bulan seperti halnya puasamu di bulan Sya’ban?” Beliau menjawab: “Itulah bulan yang dilalaikan manusia yang terletak antara bulan Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan yang padanya amal perbuatan diangkat kepada Rabb semesta Alam. Dan aku senang seandainya amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Sunan an-Nasa-i, 8/59, no. 2317. Musnad Ahmad, 44/228, no. 20758, hadits hasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *