5 Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi

5 Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi

5 Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi, Bagi saudara yang aktif di berbagai organisasi dalam lingkungan kampus, akan menjadi nilai tambahan apabila dapat menjaga keseimbangan antara akademik dan non akademik. Kegiatan berorganisasi memang akan menyita cukup banyak waktu, yang terkadang membuat banyak mahasiswa tidak dapat membagi waktu untuk memperbaiki nilai pada bidang akademik.

Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi

Aktif berorganisasi namun tetap berprestasi sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Ada berbagai cara yang dapat saudara terapkan dalam kehidupan berorganisasi tanpa harus mengurangi nilai saudara di dalam akademik. Berikut ini kami akan berbagi beberapa langkah mudah aktif berorganisasi namun tetap berprestasi.

1. Membuat Agenda

Kesibukan yang padat kerap kali membuat seseorang menjadi lupa akan suatu hal yang harus dilakukannya. Sebagai seorang mahasiswa yang ingin memiliki prestasi yang baik di kampus namun juga ingin aktif pada suatu organisasi, maka dibutuhkan perencanaan yang matang untuk mengatur dan menyusun jadwal y akan dilakukannya. Membuat agenda dapat menjadi tips awal agar saudara tidak melewatkan rapat organisasi, kepanitiaan, acara kampus maupun tugas-tugas yang diberikan dosen.

2. Jangan Salah Pilih Organisasi

Setiap kampus memiliki organisasi yang bervariasi. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa yang cerdas harus mampu dapat memilih organisasi mana yang sesuai. Organisasi memang sangat penting untuk meningkatkan pengalaman selama menjadi seorang mahasiswa, namun saudara jangan sampai lupa tujuan utama dari saudara kuliah yaitu untuk menuntut ilmu, maka dari itu,pastikan bahwa saudara mampu menyeimbangkan antara kuliah dengan organisasi.

3. Harus Tetap Menjaga Kesehatan

Kesibukan tidak boleh membuat saudara lupa akan menjaga kesehatan. kesehatan tetap menjadi yang utama. Konsumsilah makanan dan minuman yang kaya serat dan gizi. Jika memiliki waktu luang, maka gunakanlah waktu tersebut untuk berolahraga, sebab dengan berolahraga kita dapat melatih tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas yang berat sehingga ketika saudara merasa kelelahan dari kesibukan sehari hari, saudara tidak akan mudah jatuh sakit.

4. Manfaatkan Waktu Belajar dan Aktif di Kelas

Agar saudara tidak ketinggalan mata kuliah, saudara bisa memanfaatkan waktu menyerap ilmu dengan beberapa cara. Membuat catatan yang lengkap, aktif di kelas seperti tanya jawab untuk menambah nilai akademis saudara. Jika ada materi yang kurang dimengerti, jangan malu untuk bertanya kepada dosen.

5. Mengulang Mata Kuliah

Ditengah kesibukan yang saudara jalani jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengerjakan tugas yang diberikan dosen, jika perlu, saudara bisa mengulang tugas yang mungkin pernah saudara kerjakan sebagai upaya agar saudara tetap ingat dan tidak lupa terkait ilmu dan pengetahuan yang pernah saudara peroleh.

Jadilah mahasiswa yang hebat dalam akademis maupun non-akademis. Atur waktu saudara dengan baik apabila ingin mengikuti banyak aktivitas. Ingat, kesuksesan ada di tangan saudara sendiri, jadi saudaralah yang menentukan masa depan saudara sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *