Cara Mengatasi Kesepian untuk Mahasiswa, agar Hidup Lebih Semangat

Cara Mengatasi Kesepian untuk Mahasiswa, agar Hidup Lebih Semangat

Cara Mengatasi Kesepian untuk Mahasiswa, agar Hidup Lebih Semangat, Selama pandemi, sejumlah kampus di berbagai negara ditutup. Dampaknya mahasiswa harus menjalani kualitas secara daring dan tidak diperbolehkan untuk meninggalkan tempat tinggal jika tidak memiliki urusan yang penting.

Namun kini pada beberapa negara sudah mulai melonggarkan kebijakan sosial terkait pandemi, kendati belajar secara daring atau jarak jauh, dan hal ini sudah berdampak pada tingkat kesepian mahasiswa.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Office for National Statistics, UK, mendapatkan bahwa ada sekitar 48$ orang yang merasa kesepian selama satu bulan pertama pada pembatasan sosial saja. Sementara dari hasil survei Save the Student mendapati dua pertiga mahasiswa merasa kesehatan mentalnya terpuruk selama pandemi.

Cara Mengatasi Kesepian saat Kuliah

Menurut Associate Professor dari Rotterdam School of Management, Erasmus University Dr. Meir Shemla dan peneliti Hodar Lam dalam laman QS Top Universities mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan mahasiswa dalam mengatasi rasa kesepian untuk membuat hidup menjadi lebih bersemangat.

Memahami Penyebab Kesepian saat Kuliah

Secara umum, ada 2 hal yang menyebabkan mahasiswa merasa kesepian, yang pertama adalah kurangnya hubungan yang bermakna, dan yang kedua terlalu fokus akan suatu hal sehingga melupakan kehidupan untuk berinteraksi antara sesama. 

Sebagian mahasiswa mungkin beranggapan bahwa kampus merupakan tempat untuk mempersiapkan diri untuk mengembangkan karier, mengikuti organisasi kampus, ikut tim olahraga, nongkrong dan kegiatan lainnya yang mendefinisikan dan membangun rasa kemandirian dari segi finansial dan meninggalkan rumah.

Belajar dari rumah mungkin tidak akan mencukupi harapan seorang mahasiswa akan kehidupan kampus yang penuh dengan interaksi, yang padahal masa kuliah adalah masa di mana fase hidup saat teman sebaya dan romansa penting untuk pengembangan identitas melalui penerimaan sebagai teman dekat atau pasangan.

Menyibukkan diri

Salah satu cara mengatasi kesepian yang mungkin saudara rasakan selama kuliah adalah dengan menyibukan diri. Ada banyak hal yang dapat saudara lakukan untuk membuat saudara memiliki pekerjaan yang banyak seperti misalnya merawat binatang, tanaman dan lain sebagainya. dengan begitu, saudara bisa mengisi kesepian saudara dengan berbagai aktivitas sehingga perasaan sepi tidak terlalu menjelma di dalam diri saudara.

Terlibat dengan komunitas

Salah satu cara menghilangkan rasa sepi adalah dengan terlibat atau bergabung dengan sebuah komunitas. Dalam hal ini tentu saudara harus bergabung dengan sebuah komunitas yang dapat memberikan manfaat kepada saudara. Akan lebih baik jika saudara mampu aktif dalam sebuah komunitas yang akan memberikan dampak positif pada masa depan saudara misalnya komunitas bisnis, komunitas agama dan lain lain.

Mau Membuka Diri

Mau membuka diri kepada teman atau kerabat yang dekat dengan saudara merupakan salah satu cara yang terbaik untuk berinteraksi dan menjadi suatu hubungan yang spesial. Membuka diri akan lebih mudah membuat saudara memperoleh teman yang mengerti dengan memahami keadaan saudara.

Berusaha Membantu Orang Lain

Secara sadar berusaha membantu orang lain dengan membicarakan tentang kesepian juga rupanya membantu mengurangi rasa kesepian. Di samping menormalisasi kondisi tersebut, membantu dan melakukan hal baik pada seorang teman juga dapat membuatnya merasa hubungan pertemanan tersebut lebih bermakna dan positif.

Mengontak Tenaga Profesional

Jika saudara merasa kesepian yang saudara alami tidak kunjung pergi, tidak ada salahnya jika saudara mengontak tenaga profesional seperti psikolog. Di samping dapat membantu saudara keluar dari masalah juga dapat membantu saudara berdiskusi mengenai pengembangan potensi karier dan belajar tentang kebutuhan sosio-emosional.

Itulah beberapa cara yang dapat saudara lakukan sebagai upaya menghilangkan rasa kesepian dalam diri saudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *