7 Tips Membangun Lingkungan yang Kondusif dalam Pembelajaran

7 Tips Membangun Lingkungan yang Kondusif dalam Pembelajaran

7 Tips Membangun Lingkungan yang Kondusif dalam Pembelajaran, Lingkungan belajar menjadi suatu hal yang akan berpengaruh terhadap pembelajaran anak, yang di mana lingkungan belajar yang kondusif menjadi faktor penting untuk memaksimalkan kesempatan belajar bagi anak. 

Lingkungan belajar yang dimaksud dalam ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan. Sementara kondusif diartikan sebagai kondisi yang benar-benar nyaman serta mendukung kegiatan belajar mengajar.

Membangun Lingkungan yang Kondusif

Kondisi atau lingkungan pembelajaran yang kondusif wajib diterapkan, untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar. Lingkungan pembelajaran yang kondusif memang tidak tercipta dengan sendirinya. Namun meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan lingkungan ini dapat direalisasikan dengan baik. Berikut ini kami akan berbagi tips membangun lingkungan yang kondusif dalam pembelajaran.

1. Menata Ruang Kelas Belajar

Dalam upaya membangun lingkungan belajar yang konduktif, diperlukan penataan ruang kelas yang baik dan tepat. Pasalnya, ruang kelas adalah ruang utama dalam kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. Ruangan yang rapi dan bersih akan mendukung proses pembelajaran yang sangat baik.

2.Suasana Belajar dan Mengajar

Setelah saudara mampu menciptakan ruang kelas yang konduktif, selanjutnya yaitu saudara harus mampu menciptakan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat penting, dalam hal menciptakan suasana yang menggairahkan yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar.

Guru yang simpatik dan demokratis memungkinkan suasana belajar yang kondusif tercipta. Di mana hasil belajar siswa dihargai, sehingga siswa tidak takut merasa salah ketika menjawab pertanyaan atau bertanya kepada guru.

3.Lingkungan Luar Kelas

Meskipun siswa melakukan kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas, namun lingkungan luar kelas juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Lingkungan luar kelas yang kondusif mampu membuat siswa belajar lebih baik, begitu pula sebaliknya jika lingkungan sekitar tidak kondusif, maka akan menurunkan tingkat konsentrasi siswa.

4. Komunikasi dan Hubungan Sosial

Proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas bersifat intern, yang di mana guru memegang kendali penuh dalam menjalankan proses pembelajaran yang berlangsung. Hal tersebut tidak akan dapat berjalan dengan baik jika tidak didasari dengan komunikasi yang baik. Dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar, seorang guru sebaiknya tidak membuat suasana belajar menjadi tegang, usahakan semua murid dapat merasa rileks dan nyaman saat proses belajar.

5. Menjadi guru yang menyenangkan

Menjadi seorang guru yang menyenangkan juga merupakan salah satu hal yang harus mampu dipenuhi oleh seorang guru. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika guru memegang kendali penuh dalam menciptakan suasana belajar, maka dari itu lah, seorang guru dituntut harus mampu menjadi guru yang menyenangkan agar siswa senang dan gemar dengan apa yang saudara sampaikan dalam materi pembelajaran.

Agar pembelajaran bisa lebih menyenangkan, ada baiknya jika guru tidak terlalu serius dalam mengajar, sisipkanlah beberapa candaan yang bisa mengurangi kejenuhan siswa. Sehingga siswa akan lebih nyaman saat belajar dan tidak terkesan kaku atau monoton.

6. Membiarkan Siswa Berkreasi

Cara lain untuk menciptakan lingkungan yang kondusif adalah dengan memberikan sedikit kebebasan pada siswa untuk berkreasi. Seperti yang diketahui, guru merupakan fasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukung pembelajaran siswa. Guru tidak boleh bersifat otoriter dan menguasai pembelajaran, tetapi guru harus berani memberikan kesempatan kedua untuk siswa terus berkreasi. 

7. Menyepakati Aturan Bersama

Dalam upaya menciptakan kelas yang kondusif, seorang guru harus mampu memberikan aturan yang disepakati oleh semua siswa. 

Untuk menciptakan kelas kondusif, guru harus bisa memberikan aturan yang disepakati oleh siswa. Sehingga siswa tidak bisa membuat keributan di kelas yang membuat suasana belajar tidak kondusif, karena telah membuat aturan yang disepakati. 

Demikianlah beberapa tips dalam membangun lingkungan yang kondusif untuk belajar, dan semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *