Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Mahasiswa

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Mahasiswa

Masa kuliah adalah masa di mana kita akan melakukan pendidikan terakhir sebelum memasuki dunia kerja. Dalam masa kuliah, kita harus melatih diri untuk meninggalkan kebiasaan kebiasaan buruk, sebab selepas kuliah kita akan memasuki dunia kerja, yang artinya kita harus mampu menjadi orang yang lebih baik. 

Sayangnya mengubah kebiasaan buruk dalam dunia perkuliahan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kita berada di antara teman teman yang memiliki kebiasaan buruk. Meskipun teramat sulit, bukan berarti kita tidak dapat melakukannya.

 

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Mahasiswa

Dalam mengubah kebiasaan buruk, ada beberapa hal yang perlu saudara perhatikan, dan berikut beberapa contoh kebiasaan buruk mahasiswa beserta dengan cara mengatasinya.

 

1. Kerap Bangun Kesiangan Karena Begadang

Salah satu kebiasaan buruk bagi sebagian banyak mahasiswa adalah begadang, sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang kerap kali bangun telat atau kesiangan. Apalagi bagi sebagian anak yang terbiasa dibangunkan orang tua pastinya kerap kali bangun telat dikala menjadi mahasiswa di tanah perantauan.

Penyebab umum masalah ini biasanya karena tidur terlalu larut atau begadang. Begadang sebenarnya sah-sah saja jika memang ada kebutuhannya. Sayangnya mahasiswa kerap begadang hanya karena ingin main-main saja dan hal ini jadi kebiasaan buruk sehari-hari para mahasiswa.

 

Cara mengatasinya:

  1. Hindari begadang jika tidak benar-benar diperlukan. Usahakan bisa tidur cukup.
  2. Pasang alarm setidaknya 1 jam sebelum jadwal dan buat setiap 10 menit sekali. Biasakan untuk memaksa tubuh harus bangun setelah mendengar alarm.
  3. Bangun mental disiplin pada waktu.

 

2. Mengerjakan Tugas Kerap Ditunda-tunda

Kebiasaan buruk yang suatu ini kerap kali terjadi pada banyak mahasiswa, yang di mana mereka diberikan tugas untuk satu minggu,namun H -1 sebelum pekerjaan harus dikumpul, barulah mereka kerjakan. Hal yang satu ini juga kerap kali menjadi faktor penyebab mahasiswa menjadi begadang, yang padahal jika langsung dikerjakan, maka tidak perlu begadang lagi.

Salah satu tips yang dapat dilakukan untuk menghindari hal semacam ini adalah dengan memanfaatkan waktu yang diberikan dosen dengan baik. Jika pekerjaan terlalu terasa berat untuk langsung dituntaskan, maka sebaiknya cicil sedikit demi sedikit agar terasa menjadi ringan.

 

3. Titip Absen

Hal yang satu ini sudah menjadi hal yang hampir semua mahasiswa pernah melakukannya. Titip absen atau manipulasi absen ini sudah sering kali terjadi, yang padahal jika dipikir pikir hal yang satu ini sangatlah tidak dianjurkan, sebab untuk apa bayar kuliah mahal mahal yang jika hanya untuk bolos.

Untuk tips mengatasi hal ini, saudara bisa memulainya dengan memprioritaskan kuliah dan hindari melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kuliah. Jangan mudah terhasut teman yang mengajak bolos dan usahakan selalu bangun tepat waktu supaya tetap bisa mengejar jadwal kuliah.

 

4. Boros

Sebagian besar mahasiswa yang merantau untuk kuliah kerap kali memiliki kebiasaan boros sehingga menjelang akhir bulan kerap kali mereka merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya bukanlah hal yang sulit, saudara hanya perlu menyusun pos pos kebutuhan dan biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran yang saudara lakukan, dengan begitu nantinya saudara akan lebih mudah dalam mengetahui mana pengeluaran yang tidak penting dan mana pengeluaran yang panting. Hindari melakukan semua pengeluaran yang tidak penting, agar keuangan tetap terjaga hingga akhir bulan. 

Jangan termakan gengsi. Kurangi nongkrong di cafe mahal, berbelanja hal-hal tersier, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *