Tips Beradaptasi dengan Dunia Perkuliahan

Tips Beradaptasi dengan Dunia Perkuliahan

Ketika saudara memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, maka saudara harus siap dengan segala hal yang baru, mulai dari teman, lingkungan, guru dan lain sebagainya. sistem pendidikan dalam dunia perkuliahan berbeda jauh dengan sistem pendidikan masa sekolah, yang di mana jika disekolah saudara diajarkan untuk menyelesaikan sebuah tugas yang dibimbing oleh guru hingga selesai, namun dalam dunia perkuliahan, saudara menyelesaikan tugas bersama dengan teman teman satu kuliah. Itu artinya saudara harus mampu beradaptasi dengan dunia kuliah agar masa kuliah dapat berjalan dengan baik.

 

Tips Beradaptasi dengan Dunia Perkuliahan

Meskipun terdengar sebagai hal yang mudah, namun nyatanya, beradaptasi terkadang membuat beberapa orang merasa sulit untuk melakukannya. Bagi saudara yang mungkin mengalami kesulitan dalam beradaptasi, berikut kami punya beberapa tips untuk saudara.

 

1. Membuka diri dengan orang-orang baru

Ketika saudara memasuki dunia perkuliahan sebagai mahasiswa baru, itu artinya saudara akan menemukan banyak teman baru. membuka diri dengan orang baru merupakan suatu hal yang harus saudara lakukan agar dapat mudah berinteraksi.

Membuka diri dengan teman baru akan membuat saudara lebih mudah mendapatkan teman saat kuliah. makin baik ikatan pertemanan yang mampu saudara bentuk, maka akan makin mudah saudara dalam menjalankan proses perkuliahan, yang terutama saat menghadapi tugas dari dosen.

 

2. Cari tau seputar jurusan dan fakultas yang dipilih

Setelah saudara mampu berkenalan dengan teman teman baru, maka selanjutnya saudara perlu mencari tahu terkait jurusan yang tersedia pada fakultas tersebut. jangan lupa cek juga masalah administrasinya, pastikan jika administrasi sesuai dengan kemampuan masing masing orang yang menanggung masalah perkuliahan saudara.

Kembali ke poin pertama, inilah pentingnya kenapa saudara juga harus membangun hubungan baik dengan senior. Dengan mengetahui jurusan dan fakultas, maka saudara tidak akan mati gaya di kampus dan tentu saudara akan lebih mudah beradaptasi dan nyaman selama proses belajar. Jadi, cari tahu lebih dalam tentang jurusan dan fakultasnya.

 

3. Cari tahu dan pahami aturan-aturan kampus

Mengetahui prosedur yang berlaku pada sebuah fakultas akan membuat saudara lebih mudah menjalani proses perkuliahan, yang juga akan membantu saudara terhindar dari hal hal yang dapat melanggar aturan yang berlaku pada fakultas terkait.

Maka, jangan sungkan untuk banyak bertanya tentang aturan-aturan yang diterapkan. Sebisa mungkin, saudara juga harus menjaga sikap agar tak menyalahi aturan yang ada. Jaga sikap baik kepada siapa saja, mulai dari teman kampus, dosen, staf kampus, hingga satpam di kampus. 

 

4. Belajar bersama teman

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem pembelajaran dalam lingkungan kampus berbeda dengan semasa sekolah dahulu. Dalam pembelajaran kampus, seorang dosen biasanya hanya akan memberikan tugas saja, sehingga saudara perlu sharing dengan teman teman untuk  menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh dosen. 

Untuk memudahkan saudara dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh seorang dosen, saudara perlu menjalin atau membentuk kelompok teman untuk belajar dan menyelesaikan tugas secara bersama sama. Dalam hal ini, saudara bisa mengatur jadwal bergiliran di mana menyelesaikan tugas kuliah, misalnya pada hari ini tugas di kerjakan di rumah atau di kos saudara, maka di hari selanjutnya bisa mengerjakan di tempat teman lainnya. Dengan begitu, suasana belajar akan terasa menyenangkan dan pastinya tidak akan membosankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *