Cara Mencegah Banjir di Lingkungan Sekitar

Cara Mencegah Banjir di Lingkungan Sekitar

Beberapa daerah di indonesia masih menjadi langganan terjadinya banjir dan terutama di daerah daerah yang memiliki lahan hijau yang sempit dan ditambah lagi dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Terjadinya bencana banjir memang sulit untuk dipastikan kapan akan terjadi, sehingga tidak heran jia pada beberapa kasus terjadinya banjir banyak yang merenggut nyawa dan menyebabkan kerugian materi yang cukup besar.

 

Cara Mencegah Banjir di Lingkungan Sekitar

Meskipun mencegah terjadinya banjir bukan menjadi suatu hal yang mudah, namun masih ada berbagai upaya yang perlu untuk dilakukan dalam mengurangi kemungkinan terjadinya banjir dan dampak yang mungkin akan cukup merugikan para korban. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengurangi resiko terjadinya banjir di lingkungan sekitar.

 

Memperbaiki Penyaluran Air

Cara mencegah terjadinya banjir yang pertama adalah dengan memperbaiki sistem penyaliran air. Tata kembali dan bersihkan saluran air agar ketika hujab tujun, volume air di daratan tidak meningkat dengan cara menyalurkannya ke dalam saluran air.

Bagi saudara yang mun gkin tidak memiliki perkarangan dan saluran air, maka jangan menutup semua bagian sekitar rumah dengan aspal, berikan sedikit ruang untuk resapan air. Apabila hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, maka saudara masih dapat menggunakan paving sebagai lantai pekarangan atau area sekitar rumah saudara.

 

Membersihkan Selokan

Membersihkan selokan secara rutin juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya banjir. Usahakan saudara dapat mengajak seluruh warga yang berada di lingkungan sekitar. Agar prosesnya lebih mudah, saudara dapat meminta bantuan RT atau RW untuk mengadakan aktivitas gotong royong.

 

Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi volume air di daratan ketika terjadinya curah hujan yang tinggi. Adanya sumur resapan akan memudahkan proses penyaluran air hujan. Tempatkan beberapa sumur resapan di area yang rentan tergenang oleh air.

 

Menanam Pohon

Salah satu penyebab dari terjadinya banjir adalah karena semakin kurangnya lahan hijau dan maraknya penebangan liar yang terjadi di mana mana. Maka dari itu, dengan melakukan penanaman pohon atau memperluas daerah hijau bisa menjadi solusi terbaik untuk mengurangi resiko terjadinya banjir.

Tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah. Sehingga, lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah, dapat melancarkan penyerapan air hujan, yang akan menjauhkan lingkungan dari banjir.

 

Hindari Membuang Sampah Sembarangan

Penyebab lainnya pemicu terjadinya banjir adalah saluran atau aliran air yang tersumbat oleh sampah. Banyak daerah di indonesia yang menjadi langganan banjir memiliki area sungai dan selokan yang dipenuhi oleh sampah. Maka dari itu, dengan menghindari pembuangan sampah sembarangan bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghindari terjadinya banjir. 

Menghilangkan kebiasaan buruk dalam membuang sampah sembarangan juga dapat membantu kita untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan yang mungkin saja dapat merusak sejumlah ekosistem baik laut maupun darat.

Itulah sejumlah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya banjir di lingkungan sekitar. Semoga tips yang telah kami berikan dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *