Cara Membantu Korban Bencana Alam

Cara Membantu Korban Bencana Alam

Memang tidak ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sebuah bencana, namun ketika bencana terjadi, ada banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai upaya peduli dan membantu orang orang yang menjadi korban bencana. Dengan bantuan yang kita berikan, para korban bencana setidaknya mendapatkan keringanan beban yang menimpa mereka. 

 

Cara Membantu Korban Bencana Alam

Lantas apa saja yang dapat kita lakukan untuk membantu korban bencana.? bagi saudara mungkin yang ingin menjadi tim relawan atau komunitas yang peduli korban bencana, berikut ada beberapa hal yang dapat saudara lakukan atau berikan kepada para korban bencana.

 

1. Bantuan Medis

Dalam proses membantu korban bencana, salah satu peralatan yang harus tersedia adalah peralatan atau bantuan medis. Meskipun dalam suatu bencana belum diketahui ada atau tidaknya korban, bantuan medis tetap harus tersedia. Sebab dengan tersedianya bantuan medis, kita dapat dengan segera memberikan pertolongan jika sewaktu waktu ada korban luka atau lainnya yang disebabkan oleh bencana yang terjadi.

 

2. Bantuan Psikologis

Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental dari para korban juga harus dijaga, yang khususnya bagi anak anak yang mengalami trauma berat maupun ringan. Bagi saudara yang mungkin memiliki teman atau sahabat yang ahli dibidang tersebut, jangan lupa untuk mengajaknya ketika hendak memberikan bantuan kepada para korban bencana.

 

3. Bantuan Pendidikan dan Edukasi

Bencana alam juga dapat membuat berbagai fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan menjadi rusak yang akibatnya banyak anak anak yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya hingga sarana pendidikan dibangun kembali.

 

4. Bantuan Sandang Pangan

Makanan dan pakaian juga akan sangat dibutuhkan oleh para korban bencana. pemberian sandang dan pangan dapat dilakukan untuk membantu korban dari bencana alam, terlebih lagi jika bencana tersebut tergolong bencana besar seperti misalnya tsunami, longsor, atau badai, yang membuat korbannya akan kehilangan pakaian yang dimilikinya. Makanan dan minuman pun kuantitasnya terbatas. Berilah pakaian layak pakai dan asupan yang baik kepada para korban bencana alam.

 

5. Bantuan Hunian Sementara

Rusaknya perumahan mengakibatkan para korban kesulitan untuk melakukan kegiatan pribadi, bahkan sekadar tidur pun terganggu. Oleh karena itu, bantuan berupa hunian sementara dinanti-nanti para korban. Meskipun nantinya hunian sementara yang diberikan bukanlah milik pribadi, melainkan milik bersama, tetap saja para korban akan bahagia dan bersyukur atas bantuan ini plus meningkatkan rasa kebersamaan.

 

6. Bantuan Kerohanian dan Keagamaan

Indonesia merupakan negara yang sangat menjunjung keagamaan. Sekalipun bencana alam terjadi, aktivitas agama tidak boleh terhenti kiranya. Saudara dapat memenuhi atau memberikan bantuan kepada para korban bencana dengan memenuhi kebutuhan kerohanian dan keagamaan para korban bencana alam di Indonesia dengan menyediakan unit tempat ibadah sementara, peralatan ibadah, maupun sekadar jasa keagamaan.

 

7. Bantuan Sanitasi

Kebersihan diri juga diperlukan, loh. Adanya ketersediaan toilet merupakan kebutuhan pokok manusia, termasuk para korban bencana alam. Aktivitas mandi, cuci tangan, buang air, dan lain-lain sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya pengadaan toilet dan pemberian alat sanitasi diri, kehidupan pasca bencana para korban akan menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *