Pengertian Puasa: Jenis, Syarat, Rukun, Dan Ketentuannya

Pengertian Puasa: Jenis, Syarat, Rukun, Dan Ketentuannya

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah dari Umat Muslim. Puasa terbagi menjadi 3 yang jika dilihat dari hukumnya yakni puasa wajib, sunnah dan haram. Puasa wajib merupakan puasa yang wajib untuk dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan maka akan berdosa seperti misalnya puasa ramadhan. Puasa sunnah merupakan puasa yang boleh dikerjakan dan boleh juga tidak. Apabila puasa sunnah dilaksanakan maka akan mendapatkan pahala sebagaimana keutamaan dari puasa tersebut. Sementara puasa haram adalah puasa yang dilarang untuk dilaksanakan pada hari hari tertentu seperti misalnya puasa pada hari raya idul fitri atau idul adha.

 

Pengertian Puasa

Puasa adalah sebuah ibadah yang dilaksanakan dengan menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasa seperti misalnya makan, minum, hubungan suami istri dan lain sebagainya. Puasa sendiri akan dilaksanakan yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari (magrib)

 

Jenis Puasa Dalam Agama Islam

Dalam agama islam, ibadah puasa dibagi menjadi dua hukum, yaitu jenis puasa dengan hukum wajib dan yang kedua adalah jenis puasa dengan hukum Sunnah.

 

1. Puasa dengan Hukum Wajib

Puasa wajib atau shaum wajib merupakan jenis puasa yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Apabila seorang umat muslim berhasil melaksanakan puasa jenis ini maka ia akan mendapatkan pahala. Sebaliknya apabila seorang umat muslim tidak melaksanakan puasa jenis ini maka ia akan mendapatkan dosa atau ganjaran. Berikut ini daftar puasa yang termasuk dalam puasa wajib.

 

2. Puasa dengan Hukum Sunnah

Puasa Sunnah atau shaum Sunnah merupakan jenis puasa yang apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa dan pahala. Berikut ini daftar puasa yang termasuk dalam puasa Sunnah.

 

Syarat-syarat Wajib dan Sah Puasa Dalam Agama Islam

Umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa pastilah memiliki beberapa syarat-syarat wajib menurut syariat islam yang harus terpenuhi. Berikut ini syarat wajib ibadah puasa menurut syariat islam.

 

1. Syarat Wajib Puasa Menurut Syariat Islam

  1. Beragama Islam dan menyembah Allah SWT.

2.Sudah baligh atau sudah cukup umur.

  1. Kondisi akalnya sehat dan waras.
  2. Keadaan rohani dan jasmani yang sehat.
  3. Bukan termasuk musafir yang sedang melakukan perjalanan panjang dan jauh.
  4. Dalam keadaan yang suci dari hadas besar.
  5. Memiliki kemampuan dan kesanggupan untuk melaksanakan puasa.

 

2. Syarat Sah Puasa Menurut Syariat Islam

  1. Beragama islam dan tidak murtad.
  2. Dapat membedakan yang mana yang baik dan buruk (mumayyiz)
  3. Tidak dalam keadaan najis yang suci dari nifas dan haid (khusus wanita)
  4. Memiliki pengetahuan mengenai waktu diterimanya puasa.

 

Rukun-rukun Puasa Dalam Agama Islam

Ibadah puasa dalam agama islam memiliki beberapa rukun puasa yang diambil dari syariat islam. Berikut ini rukun puasa dalam agama islam.

 

1. Islam

Rukun pertama dalam melaksanakan ibadah puasa di agama islam adalah seseorang haruslah memeluk atau beragama islam seperti yang telah disampaikan pada syarat berpuasa menurut syariat islam.

 

2. Membaca niat

Membaca niat serta doa puasa merupakan tahapan yang sangat penting untuk dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Umat muslim akan membaca niat sebelum mereka menjalankan ibadah puasa tepatnya setelah mereka melaksanakan sahur atau juga dapat dilakukan sebelum fajar tiba. Ada beberapa hadist yang menyatakan bahwa pembacaan niat dan doa dapat dilakukan malam harinya sebelum tidur.

 

3. Menahan serta mengontrol diri

Ketika berpuasa, umat muslim menahan serta mengontrol diri mereka dari segala hawa nafsu baik hawa nafsu makanan, minuman, kegiatan seksual, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *