Begadang di Bulan Ramadan Sampai Waktu Sahur, Apa Hukumnya?

Begadang di Bulan Ramadan Sampai Waktu Sahur, Apa Hukumnya?

Dalam Islam, bulan ramadhan mejadi bulan yang istimewa. Pasalnya, bulan ramadhan merupakan bulan yang menjadi ladang pahala, sebab selama bulan ramadhan, amal kebaian akan mendapat pahala yang belripat ganda dan lebih banyak dari bulan bulan lainnya. Maka tidak heran jika selama bulan ramadhan, Umat Muslim akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan beribadah.

Salah satu ibadah yang identik dengan bulan ramadhan adalah Puasa. Ibadah puasa sendiri diawali dengan santap sahur. Meskipun shaur merupakan ibadha yang sunnah namun ada banyak keutamaan dari menyantap sahur baik dari segi kesehatan maupun keagamaan.

Namun terkadang tidak jarang banyak orang yang kerap kali melewatkan santa sahur yang disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya adalah karena bangun kesiangan. Melewatkan santap sahur memang terkadang membuat kita cepat merasa lemas sebab tubuh memiliki energi yang sedikit lantaran sahur terlalu cepat. Salah satu alternatif yang dilakukan sejumlah orang dalam menjaga dirinya agar tidak melewatkan sahur adalah dengan begadang. Lantas bagaimana hukum begadang  hingga sahur di bulan ramadhan.? Berikut penjelasannya.

 

Hukum Begadang Pada Malam Ramadhan

Begadang saat bulan ramadhan sebenarnya sah sah saja asalkan selama apa yang anda kerjakan saat begadang tersebut tidak menjadi hal yang dilarang dalam agama. Agar lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

 

1. Begadang Untuk Beribadah

Begadang untuk meningkatkan kualitas ibadah merupakan suatu hal yang baik dan juga dianjurkan, karena menghidupkan malam-malam Ramadhan dengan dzikir, doa, tilawah Al-Quran, shalat dan ibadah-ibadah lainnya merupakan perkara yang sunat, khususnya pada malam-malam 10 hari terakhir Ramadhan. Sebagaimana dalam hadis Aisyah radhiyallahu’anha:

Artinya: “Adalah Nabi shallallohu ‘alaihi wasallam biasa menggabungkan antara sholat (malam) dan tidur. Lalu, bila telah tiba 10 ( malam terakhir), beliau bergadang dan mengencangkan ikat pinggang”. (HR Ahmad 25136, hadis ini sanadnya dhoif namun maknanya shahih).

Namun begadang ini adalah dengan syarat tidak boleh membuat ia meninggalkan shalat subuh atau shalat zuhur karena tidur atau ngantuk pada keesokan harinya.

 

2. Begadang Untuk Berkumpul Kumpul

 Kedua: Begadang karena untuk melakukan hal-hal yang mubah seperti kumpul-kumpul untuk bercerita, makan-makan, (termasuk chating) dll ,maka hukumnya makruh, karena Nabi shallallahu’alaihi wasallam tidak suka tidur sebelum isya dan berbincang setelah isya. Sebagaimana dalam hadis shahih:[arabic-font]

Artinya: Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat Isya dan ngobrol-ngobrol begadang setelahnya (HR Bukhari, 568).

Ini hukumnya makruh, namun apabila sampai melalaikan dari shalat subuh atau shalat zuhur atau berbagai kewajiban lainnya karena ketiduran atau ngantuk maka begadang tersebut hukumnya haram, dan pelakunya mendapat dosa.

 

3. Begadang Untuk perbuatan Maksiat

Ketiga: Begadang untuk melakukan perbuatan maksiat dan haram seperti ngerumpi untuk menggunjing, atau mabuk-mabukkan, pacaran dll, maka tidak diragukan lagi bahwa ini hukumnya haram, apalagi bila hal ini membuatnya tidak bisa mengerjakan kewajibannya pada keesokan harinya seperti shalat subuh, zuhur, mencari nafkah dll.

Nah itulah beberapa hukum dari begadang yang berdasarkan dengan keadaan atau kondisi. Meskipun tujuan anda adalah baik, namun sebaiknya jangan terlalu sering begadang, sebab dari segi kesehatan, terlalu sering begadang dapat menimbulkan beberapa dampak yang antara lain adalah penuaan dini.

Saat begadang dan kurang tidur, tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak hormon stres (kortisol). Hormon ini dapat memecah dan merusak struktur kolagen pada kulit, yakni protein yang berfungsi untuk membuat kulit lebih kencang dan elastis.

Akibat sering begadang, kulit dan wajah Anda akan menjadi lebih kusam dan kering. Rusaknya kolagen di wajah pun bisa menyebabkan munculnya garis-garis atau kerutan di wajah, flek atau bintik-bintik kehitaman di wajah, serta mata bengkak dan muncul lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Nah bagaimana pendapat anda dengan begadang di malam ramadhan.? Begadanglah jika memang ada keperluan dan hindari begadang  untuk suatu hal yang tidak begitu penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *