Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup

Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup

Lingkungan tempat kita tinggal terdiri dari berbagai ekosistem. Ekosistem yang diartikan pada lingkungan adalah suatu lingkup atau kawasan yang didalamnya terdapat berbagai komponen yang memberikan timbal balik.

Dalam kehidupan lingkungan, setiap orang pastinya membutuhkan proses timbal balik, sebab setiap manusia pasti akan membutuhkan bantuan orang lain dan tidak akan pernah mampu untuk menjalani hidup dengan sendiri. Dikarenakan hal tersebut, maka penting halnya kita untuk menjaga keseimbangan dalam menjalankan peran dalam hidup.

Dalam menjalankan kehidupan kita akan dihadapkan dengan 2 lingkungan yaitu lingkungan masyarakat dan lingkungan rumah. Setiap lingkungan memiliki upaya menjaga lingkungan yang berbeda. Berikut beberapa upaya menjaga keseimbangan setiap lingkungan.

 

Di Lingkungan Rumah

Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga keseimbangan di lingkungan rumah yang salah satunya sebagai berikut.

 

1. Mengurangi penggunaan bahan kimia pencemar lingkungan

Tanpa disadari dalam lingkungan dan kehidupan sehari hari ada cukup banyak bahan kimia di lingkungan kita seperti detergen dan kantong kresek yang sulit untuk terurai. Agar keseimbangan dalam lingkungan rumah dapat terjaga, saudara dapat memulainya dengan mengurangi penggunaan katong kresek dan lainnya yang dapat menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan.

 

2. Mengurangi produksi sampah rumah tangga

Dalam kehidupan sehari hari, sampah merupakan salah satu perkara yang masih hingga saat ini sulit untuk dapat ditangani. Dalam upaya menjaga keseimbangan dalam lingkungan, saudara juga dapat berpartisipasi dalam gerakan pengurangan produksi sampah dengan memanfaatkan berbagai macam produk yang dapat diisi ulang.

 

3. Memilah sampah

Dalam aktivitas sehari hari kita dapat memproduksi dua jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Setiap sampah memiliki cara penanganan yang berbeda beda, maka dari itu, memilah sampah berdasarkan jenisnya dapat mempermudah proses pengolahan dan di lain sisi memilah sampah juga akan sangat membantu dalam menghindari terjadinya kerusakan lingkungan.

 

4. Menghemat penggunaan air

Menghemat air dapat dilakukan dengan cara mematikan keran saat air tidak dipakai atau dibutuhkan. Menghemat air merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan saat ini, mengingat beberapa daerah sudah mulai merasakan krisis air bersih sehingga dengan menghemat air kita dapat mengurangi resiko krisis air bersih.

 

5. Menghemat penggunaan listrik

Penghematan listrik dapat dilakukan dengan cara beralih menggunakan barang- barang elektronik yang mempunyai daya rendah misalnya lampu LED atau TEL, mematikan lampu ketika tidak memerlukan cahaya penerangan seperti saat di siang hari dan mematikan lampu jika hendak tidur. Selain itu kita juga dapat mengurangi atau menghindari penggunaan listrik yang tidak diperlukan pada jam 5 sore sampai jam 10 malam. Hal itu dikarenakan pada jam- jam tersebut penggunaan listrik global sedang meningkat lebih banyak dari pada siang hari.

 

Di Lingkungan Masyarakat

Setelah memahami beberapa upaya dalam menjaga keseimbangan dalam lingkungan rumah, berikut ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan dalam menjaga keseimbangan di lingkungan masyarakat.

 

1. Melindungi satwa langka

Masyarakat harus mampu menjaga dan melindungi satwa langka dengan cara menjaga habitat aslinya yang meliputi hutan lindung, tidak melakukan penebangan liar, perburuan hewan, serta tidak melakukan kegiatan jual beli satwa langka.

 

2. Bijak dalam bercocok tanam

Dalam kegiatan bercocok tanam, masyarakat harus menerapkan sistem yang memperhatikan faktor ekologi atau aspek lingkungan. Pengendalian hama tanaman sebisa mungkin menggunakan metode biological control yakni memanfaatkan musuh alami dari hama tersebut. Masyarakat juga harus bisa menggunakan pestisida berbahan kimia secara bijak dan menerapkan sistem rotasi tanaman agar ekosistem di daerah lahan persawahan tetap terjaga keseimbangannya. Jika ekosistem tidak seimbang maka akan menyebabkan gagal panen dan merugikan masyarakat sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *