Cara Mencegah Banjir yang Mudah Dilakukan Sendiri

Cara Mencegah Banjir yang Mudah Dilakukan Sendiri

Banjir masih menjadi permasalahan yang kerap kali terjadi di Indonesia. Meskipun bukan suatu hal yang mudah untuk mencegahnya, namun kita harus tetap mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir yang dapat datang secara tiba tiba.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat kondisi banjir yang terjadi di beberapa daerah di indonesia selalu menjadi langganan setiap tahunnya. Banyak orang yang harus mengungsi yang diakibatkan oleh pemukimannya yang tidak dapat ditempati akibat terendam oleh banjir, dan bahkan beberapa kejadian juga merenggut jiwa.

Intensitas curah hujan yang tinggi dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir di sejumlah daerah, apalagi jika air tersebut tidak dapat diserapkan ke dalam tanah dengan baik, tentu akan beresiko menyebabkan banjir.

 

Cara Mencegah Banjir yang Mudah Dilakukan Sendiri

Cara mencegah banjir bisa kita mulai dari diri sendiri. Setiap usaha yang kita lakukan meskipun kecil, bisa berdampak positif bagi lingkungan. Jika kita rutin melakukannya, maka usaha kita tidak akan sia-sia. Berikut beberapa cara yang dapat saudara coba.

 

Mencegah Banjir dengan Membersihkan Selokan

Membersihkan selokan secara rutin dapat mencegah banjir. Periksa selokan secara berkala dan pastikan selokan tidak ada penyumbatan. Penyumbatan bisa menjadi salah satu faktor penyebab banjir karena air tidak mengalir dengan lancar. Jika hujan datang, maka air hujan tidak bisa mengalir ke tempat lain sehingga terjadi banjir. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tidak ada penyumbatan yang terjadi di selokan.

 

Membersihkan Halaman Rumah dan Sekitarnya dapat Mencegah Banjir

Membersihkan halaman rumah secara berkala juga isa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari terjadinya banjir. Apabila di area tempat tinggal saudara terdapat pepohonan maka bersihkan puing puing ranting atau daun yang berjatuhan agar proses penyerapan air dapat berjalan dengan lancar.

 

Mencegah Banjir dengan Membuang Sampah pada Tempatnya

Mungkin kita sudah bosan mendengar kalimat “Buanglah sampah pada tempatnya.” Hal ini memang terdengar sepele, tetapi sangat penting untuk kita lakukan. Setiap sampah yang kita buang sembarangan dapat berpotensi menyumbat saluran air. Meskipun kita membuang sampahnya tidak dekat selokan, tetapi sampah tersebut bisa tertiup angin dan akhirnya jatuh ke saluran air.

 

Mempunyai Taman di Rumah dapat Cegah Banjir

Membuat taman kecil di area tempat tinggal juga bisa menjadi cara yang dapat membantu saudara menghindari terjadinya banjir. Apabila hal tersebut dilakukan oleh satu orang saja, mungkin tidak akan memberikan dampak yang besar, maka dari itu, usahakan saudara untuk dapat mengajak seluruh warga kompleks untuk melakukan hal tersebut.

 

Cegah Banjir dengan Membuat Roof Garden

Zaman sekarang banyak orang yang memiliki rumah dengan tanah yang sempit karena keterbatasan lahan. Hal ini menyebabkan banyak orang, khususnya di perkotaan, tidak memiliki taman di halaman rumahnya.  Nah, membangun taman di atap rumah bisa menjadi salah satu alternatif. Saudara dapat mencegah banjir tanpa menghabiskan banyak space di rumah.

 

Menggunakan Paving Block

Menambahkan paving blok ke dalam arsitektur perumahan bisa menjadi cara untuk mempermudah proses resapan air ke dalam tanah. gunakan paving block untuk membuat lantai pekarangan rumah saudara, maka dengan begitu air yang berada di daratan area rumah saudara tidak akan menumpuk yang menjadi pemicu terjadinya banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *